MENELISIK EKSISTENSI WARUNG MAKAN DI TENGAH GEMPURAN COVID 19

  • Mohammad Noor Khairullah Prodi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
  • Sukma Irdiana Prodi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
  • Kurniawan Yunus Ariyono Prodi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
  • Ninik Lukiana Prodi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Keywords: Kualitas Makanan, Harga, Lokasi, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Rumah makan adalah istilah umum untuk menyebut usaha gastronomi yang menyajikan hidangankepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan tersebut serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan pelayanannya. Penelitian ini dilakukan di rumah makan atau kedai Hajjah Eni Desa Lempeni, Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi eksistensi warung Hajjah Eni dan bagaimana usaha warung Hajjah Eni dalam mempertahankan usahanya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas rasa dan barunya masakan setiap hari, harga makanan yang relative murah, lokasi yang strategis dan loyalnya pelanggan pada warung Hajjah Eni dapat berdampak pada eksistensi warung makanan.

References

Aji, S. P., Mulyadi, H., & Widjajanta, B. (2018). Keterampilan Wirausaha Untuk Keberhasilan Usaha. Journal of Business Management Education, 3(3), 111–122. https://doi.org/10.1016/j.gecco.2019.e00539%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.foreco.2018.06.029%0Ahttp://www.cpsg.org/sites/cbsg.org/files/documents/Sunda Pangolin National Conservation Strategy and Action Plan %28LoRes%29.pdf%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.forec
[2] Damis, M. (2018). Strategi Kebertahanan Usaha Warung Kopi Tikala Manado Suatu Tinjauan Antropologi. Jurnal of Social and Culture : Holistik, 21.
[3] Fajrin, S. F., & Susanto. (2020). Keberhasilan Usaha Kamila Group Kelurahan Banjarwaru Desa Sarimulyo Kecamatan Ngawe Kabupaten Blora dalam Mempertahankan Eksistensinya. Majalah Ilmiah Solusi, 1(69), 5–24.
[4] Gemina, D., Silaningsih, E., & Yuningsih, E. (2016). Pengaruh Motivasi Usaha terhadap Keberhasilan Usaha dengan Kemampuan Usaha sebagai Variabel Mediasi pada Industri Kecil Menengah Makanan Ringan Priangan Timur-Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(3), 297–323. https://doi.org/10.12695/jmt.2016.15.3.6
[5] Juliana, V., Setiawan, I., & Bidayani, E. (2018). Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Keberhasilan Usaha Penjualan Buah-Buahan di Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. JUrnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 2, 341–352.
[6] Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
[7] Kurniawan, I., Hadi, S., Sakitri, W. (2019). Pengaruh Kompetensi Wirausaha, Skala Usaha dan Saluran Pemasaran terhadap Keberhasilan Usaha. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 18–23.
[8] Mashuri. (2020). Analisis Dimensi Loyalitas Pelangan Berdasarkan Perspektif Ialam. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 54–64.
[9] Ningsih, R. (2014). Penyuluhan Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman, Serta Kualitas Makanan yang Dijajakan Pedagang di Lingkungan SDN Kota Samarinda. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 64–72.
[10] Rosmiati, K. A. A., Martini, I. A. O., Gorda, A. . N. O. S., & Diwya, K. G. S. (2021). Menelisik Eksistensi Restoran Lake View Kintamani Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(2), 378. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i2.39930
[11] Sayrani, M. (2019). Strategi mempertahankan eksistensi rumah makan tradisional dalam menghadapi masuknya rumah makan modern di Kota Medan (Studi kasus pada rumah makan khas Sibolga Uda Tanjung Medan). Skripsi, 1–90.
[12] Siregar, N., & Hakim, F. (2017). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. Jurnal Manajemen Tools, 8(2), 87–96.
[13] Solichin, I. A., Kantun, S., & Suyadi, B. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Quick Chicken Jalan Jawa No. 63 Jember Tahun 2016. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(1), 61. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i1.4999
[14] Suarmawan, K. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro Dan Kecil (Studi Pada Usaha Kerajinan Ingka Di Desa Bulian, Kec. Kubutambahan). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 5(1), 1–10.
[15] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
[16] Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Andi.
[17] Wibowo, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil MenengaPengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah (Studi Pada Sentra Konveksi Di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga)h (Studi Pada Sentra Konveks. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, XVIII(2), 107–126.
[18] Wijaya, W. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Yoshinoya Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 5(2), 581–594. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/6198/5698
[19] Wulandari, S., & Susanto. (2020). Keberhasilan Mempertahankan Warung Makan Prasmanan Mbah San. Majalah Ilmiah Solusi, 21(1), 1–9.
Published
2022-07-28
How to Cite
Khairullah, M. N., Irdiana, S., Ariyono, K. Y., & Lukiana, N. (2022). MENELISIK EKSISTENSI WARUNG MAKAN DI TENGAH GEMPURAN COVID 19. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5169-5176. https://doi.org/10.47492/jip.v3i3.1841
Section
Articles