MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI PERBAIKAN PELAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI MANAJEMEN AKUNTANSI RSUD MAJALAYA KABUPATEN BANDUNG
Abstract
Keluhan pelanggan / pasien RSUD Majalaya umumnya diarahkan pada kualitas pelayanan yang dinilai masih rendah. Penyebabnya klasik, yaitu masalah keterbatasan dana, sehingga RSUD tidak bisa mengembangkan mutu layanannya secara baik khususnya dalam manajemen akuntansi karena pelayanan teknologi informasi masih terbatas dan kemampuan sumber daya manusia (SDM) juga rendah. Penelitian ini untuk mengetahui pelayanan Teknologi Informasi pada RSUD Majalaya yang telah menjadi BLUD, serta mengukur pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan. Serta memberikan gambaran bagi manajer dalam industri jasa rumah sakit tentang bagaimana sistem akuntansi berkembang, dipelihara, dan menyediakan informasi keuangan dari waktu ke waktu. Tujuannya adalah untuk menemukan prinsip, konsep, prosedur dan aturan yang luas bagi penggunaan manajemen dalam suatu sistem akuntansi yang sehat untuk membuat keputusan dan memperoleh efisiensi, efektivitas dan keuntungan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode survey deskriptif dan eksplanatori dengan unit analisis adalah pelanggan / pasien dengan sampel 80 orang. Berdasarkan hasil perhitungan nilai koefisien jalur variabel (X) terhadap (Y), yang didapatkan dengan menggunakan program SPSS releasse 18 for windows. Dengan menunjukkan bahwa harga thitung jatuh didaerah H0 ditolak artinya koefisien jalur signifikan, sehingga diagram jalur tidak mengalami perubahan. Hasil analisis didapatkan bahwa Pelayanan Teknologi Informasi yang dilakukan ditanggapi positif oleh pelanggan/pasien.
References
[2] Belch, George E., Belch, Michal, A. (2001). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective, 8th Edition. New York: Pearson Education.
[3] Chisnall, Peter M., 1995, Strategic Business Marketing, 3rd Edition, University Press, Cambridge.
[4] Consuelo Sevilla, G, 1998, An Introduction to Research Methods, Rax Printing Company, New York.
[5] Haksever, Cengiz, Berry Render, Roberta S Russel, and Robert G Murdick 2000, Service Management and Operation, Second Edition,Prentice Hall International, USA.
[6] Haksever, Cengiz, Berry Render, Roberta S Russel, and Robert G Murdick 2000, Service Management and Operation, Second Edition,Prentice Hall International, USA.
[7] Al-Rasjid, Harun, 1998, Analisis Jalur Sebagai Sarana Statistik Dalam Analisis Kausal,LP3-UNPAD, Bandung.
[8] Kotler dan Keller, 2006, Marketing Management, , Prentice Hall International, Inc. A Division of Simon & Scuster, Englewood Cliffs, Nj07632.
[9] Lovelock, Christoper,H and Lauren. K. Wright, 2002, Service Marketing and Management, Prentice Hall International, Inc. New Jersey.
[10] Oliver, Richard L. 1997. Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer, McGraw Hill: New York.
[11] Sekaran, Uma, 2000, Research Method for Business, International Edition, Prentice Hall, USA
[12] Walker, Orville C, Harper W Boyd, and Jean Claude Larreche, 1999, Merketing Strategy : Planning and Implementation, Third Edition, Irwin McGraw-Hill, Boston
[13] Arfan Ikhsan, Ida Bagus Agung Dharmanegara, 2010, Akuntasi dan Manajemen Keuangan Rumah Sakit, Graha Ilmu, Jakarta
[14] Azrul azwar, Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta :Bina rupa aksara, 1988
[15] F.J Bennett. Diagnosa Komunitas Dan Program Kesehatan. Jakarta : Yayasan essentica Medica, 1987
[16] Hadibroto; Lubis, dachnial dan sukadam, sudrajat. Dasar – dasar Akuntansi. Jakarta: LP3ES, 1991
[17] Metha. Natin dan Maher Donald J. Hospital Accounting Systems And Controls.Englewood Cliffs : Prentice Hall, 1977