IMPLEMENTASI APLIKASI KLAMPID SEBAGAI INOVASI DISRUPTIF PELAYANAN PUBLIK KOTA SURABAYA
Abstract
Penerapan E-goverment bagi birokrasi pemerintah merupakan harapan dalam menciptakan pelayanan publik yang baik. Oleh karena itu untuk menciptakan pelayanan publik berbasis teknologi, Kabupaten Sidoarjo menciptakan sebuah inovasi pelayanan publik yaitu aplikasi Klampid. Munculnya aplikasi ini dapat mempermudah masyarakat dalam mengurus berbagai surat menyurat. Akan tetapi terdapat permasalahan terhadap pelaksanaan aplikasi Klampid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi aplikasi Klampid dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi inovasi aplikasi Klampid. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif.
Kata kunci : Pelayanan publik, Inovasi, Aplikasi Klampid
References
Havianto, A. Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Deskriptif tentang Strategi Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Surabaya: Skripsi Universitas Airlangga.
Saragih, A. (2021). Ombudsman RI Luncurkan Laporan Tahunan 2020. Mengawal Pelayanan Publik Di Masa Pandemi Covid-19.
Wibowo, W. (2011). Cara Cerdas Menulis. Penerbit Buku Kompas.
ZED, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.