IMPLEMENTASI APLIKASI KLAMPID SEBAGAI INOVASI DISRUPTIF PELAYANAN PUBLIK KOTA SURABAYA

  • Satriyo cahyo utomo Universiras 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Pelayanan publik, Inovasi, Aplikasi Klampid

Abstract

Penerapan E-goverment bagi birokrasi pemerintah merupakan harapan dalam menciptakan pelayanan publik yang baik. Oleh karena itu untuk menciptakan pelayanan publik berbasis teknologi, Kabupaten Sidoarjo menciptakan sebuah inovasi pelayanan publik yaitu aplikasi Klampid. Munculnya aplikasi ini dapat mempermudah masyarakat dalam mengurus berbagai surat menyurat. Akan tetapi terdapat permasalahan terhadap pelaksanaan aplikasi Klampid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi aplikasi Klampid dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi inovasi aplikasi Klampid. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif.

Kata kunci : Pelayanan publik, Inovasi, Aplikasi Klampid

References

Aditama Azmy Musaddad, W.K. Faizin Ahzani, M. S. dan L. A. (2020). IMPLEMENTASI SISTEM PELAYANAN RAKYAT SIDOARJO (SIPRAJA) SEBAGAI INOVASI PELAYANAN PUBLIK. 1(6), 206–213.
Havianto, A. Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Deskriptif tentang Strategi Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Surabaya: Skripsi Universitas Airlangga.
Saragih, A. (2021). Ombudsman RI Luncurkan Laporan Tahunan 2020. Mengawal Pelayanan Publik Di Masa Pandemi Covid-19.
Wibowo, W. (2011). Cara Cerdas Menulis. Penerbit Buku Kompas.
ZED, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Published
2022-11-02
How to Cite
utomo, S. (2022). IMPLEMENTASI APLIKASI KLAMPID SEBAGAI INOVASI DISRUPTIF PELAYANAN PUBLIK KOTA SURABAYA. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6519-6524. https://doi.org/10.47492/jip.v3i6.1821
Section
Articles