BEBERAPA KEARIFAN LOKAL TERKAIT KEBERADAAN SUBAK YANG TIDAK PERNAH DILAKUKAN (STUDI KASUS: DI DESA MUNCAN, KECAMATAN SELAT, KABUPATEN KARANGASEM)

  • Ida Bagus Seloka Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Kearifan, keberadaan, subak, Bali

Abstract

Bali sebagai daerah tujuan wisata utama di Indonesia berimplikasi terhadap semakin banyaknya terbuka lapangan pekerjaan yang dikerjakan khususnya bagi penduduk lokal yaitu orang Bali.  Saat ini pola pikir orang Bali bekerja menjadi petani kurang menjamin kehidupan sehingga banyak yang beralih profesi bekerja di luar sektor pertanian. Kenyataan itu berpengaruh terhadap eksistensi Subak sebagai salah satu daya tarik pepariwisataan. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui secara pasti tentang berbagai kearifan local yang pernah mewarnai keberadaan Subak Di Desa Muncan, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem; (2) untuk mengetahui secara pasti tentang kearifan local yang tidak dilaksanakan oleh krama (anggota) Subak Di Desa Muncan, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem.Landasan teori yang digunakan adalah (1) teori modernisasi yang sangat memengaruhi terjadinya perubahan sosial budaya; (2) teori perkembangan sosial yang membahas perkembangan masyarakat dari tradisional berubah menjadi modern. Sementara penelitian ini dirancang sebagai penelitian kualitatif. Data digali dari sumber data primer dan sekunder sehingga teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Pengolahan (analisis) data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa lebih banyak kegiatan yang merupakan kearifan lokal yang dilaksanakan secara turun-temurun oleh krama (anggota) subak di Desa Muncan, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem secara individual tidak lagi dilaksanakan. Begitu pula kegiatan subak dalam ruang lingkup desa seperti mendak toya (menyambut air) yang diikuti penyembelihan hewan kerbau di sumber air tidak lagi dilaksanakan

References

[1] Arikunto, Suharsimi. 1989. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
[2] Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
[3] Bungin, Burhan (Ed). 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[4] Hadi, Sutrisno. 1976. Metodologi Research, Jilid I, Cetakan ke-IV. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi.
[5] Maryeni.2005. Metode Penelitian Kebudayaan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[6] Narada, Satria (Ed). 2004. Ajeg Bali Sebuah Cita-cita. Denpasar: Bali Post.
[7] Nasution, S. 2004. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: PT Bumi Aksara.
[8] Pitana, I G., 2004. “Memperjuangkan Otonomi Daerah: Mencegah Sandyakalaning Pariwisata Bali” dalam Darma Putra, Bali Menuju Jagaditha Aneka Perspektif. Denpasar: Pustaka Bali Post.
[9] Putra, I Nyoman Darma (Ed). 2004. Bali Menuju Jagaditha: Aneka Perspektif. Denpasar: Pustaka Bali Post.
[10] Rahardjo, Dawan. 1986. Transformasi Pertanian, Industrialisasi, dan Kesempatan Kerja. Jakarta: UI Press.
[11] Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[12] Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1986. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.
[13] Sirtha, Nyoman. 2008. Subak, Konsep Pertanian Religius Prspektif Hukum, Budaya dan Agama Hindu. Surabaya: Paramita.
[14] Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[15] Trijono, Lambang dan Suharko. 1998. Sosiologi 2. Jakarta: Departemen Pndidikan dan Kebudayaan.
[16] Windia, Wayan. 2004. “Pertanian dan Pariwisata: Harmonisasi Menuju Bali Lestari: dalam Darma Putra, Bali Menuju Jagaditha Aneka Perspektif. Denpasar: Pustaka Bali Post.
[17] Windia, Wayan. 2006. Transformasi Sistem Irigasi Subak Yang Berlandaskan Konsep Tri Hita Karana. Denpasar: Pustaka Bali Post.
[18] Windia, Wayan. 2015. Kearifan Lokal Pada Warisan Budaya Dunia Subak (Makalah). Pemerintah Kabupaten Gianyar, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.
[19] Wiranatha, Agung Suryawan. 2004. “Potret Masa Depan: Prediksi, Skenario, dan Rekomendasi Pembangunan Bali”, dalam Darma Putra, Bali Menuju Jagaditha Aneka Perspektif. Denpasar: Pustaka Bali Post.
Published
2022-07-14
How to Cite
Seloka, I. (2022). BEBERAPA KEARIFAN LOKAL TERKAIT KEBERADAAN SUBAK YANG TIDAK PERNAH DILAKUKAN (STUDI KASUS: DI DESA MUNCAN, KECAMATAN SELAT, KABUPATEN KARANGASEM). Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 5153-5162. https://doi.org/10.47492/jip.v3i2.1820
Section
Articles