KESULITAN BELAJAR SISWA DAN PENANGANANNYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI

  • M. Fahmi Arifin Dosen PGMI UNISKA MAB Banjarmasin
Keywords: Kesulitan Belajar, Siswa & Matematika SD/MI

Abstract

Kesulitan belajar pada siswa merupakan suatu keadaan di saat peserta didik tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Hal tersebut tidak boleh dibiarkan dan harus segera diberikan penanganan oleh pendidik karena kesulitan yang dialami anak jika dibiarkan akan dapat menjadi sebuah penghalang bagi tercapainya tujuan pembelajaran yang optimal. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara menemukan kesulitan belajar yang dialami siswa dan memberikan penanganannya serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar tersebut di SD/MI. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan menganalisis beberapa artikel/karya ilmiah dengan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil yaitu; a) Jenis kesulitan belajar matematika yang dialami siswa SD/MI terbagi menjadi dua yaitu kesulian yang berasal dari dalam diri siswa dan yang berasal dari luar diri siswa. Adapun cara menanganinya yaitu; 1) Melaksanakan diagnosis kesulitan belajar pada siswa, 2) Memberikan bimbingan pembelajaran remidial matematika, 3) Mengoptimalkan penerapkan BDR (Belajar Dari Rumah) dengan baik, dan 4) Pelaksanaan Kurikulum Ketahanan Diri, dan Penggunaan Blanded Learning. b) Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa SD/MI yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa (internal) dan Faktor yang berasal dari luar diri siswa (eksternal).

References

[1] Ety Mukhlesi Yeni. Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar Jupendas, ISSN 2355-3650, Vol. 2, No. 2, September 2015
[2] Evi Siviawati, Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar, Jurnal Edisi Khusus, No. 2, Agustus 2011, http://www.academia.edu/download/31506577/9-Evi_Soviawati-edit.pdf, diakses pada Selasa, 7 Juli 2020 Pukul 02.09 Wita.
[3] Depdiknas, Tes Diagnostik, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: 2007.
[4] Hamdan Husein Batubara. Webinar Nasional Pendidikan Dasar UNISKA MAB Banarmasin pada tanggal 8 Juli 2020
[5] Van Steenburge, H. Mathematics Learning Difficulties In Primary Education: Teachers’ Professional Knowledge And The Use Of Commercially Available Learning Packages. 2010. Jurnal Online: http://users.ugent.be/~mvalcke/CV/CALP_ed_studies.pdf.
[6] Sulthon Sulton, Membangun Pemahaman Konsep Dasar Matematika pada Anak Berkesulitan Belajar Matematika di MI. Primary:Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, v. 12, n. 01, p. 27-40, june 2020, dalam http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article, diakses pada hari selasa 7 Juli 2020 pukul 24.43.
[7] Zainal Abidin. Webinar Nasional Pendidikan Dasar Seris 2 UNISKA MAB Banarmasin pada tangga l8 Juli 2020
Published
2020-09-29
How to Cite
Arifin, M. (2020). KESULITAN BELAJAR SISWA DAN PENANGANANNYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 989-1000. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.181
Section
Articles