STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP TAMANSISWA CIBADAK

  • Racka Setya Muharam Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Heni Wulandari
  • Dadan Rahmat
Keywords: Strategi Pembelajaran, Media, Google Classroom, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan media pembalajaran dengan menggunakan berbasis Google Classroom di sekolah SMP Taman Siswa dan untuk mengetahui bagaimana strategi penggunaan media pembelajaran berbasis Google Classroom dalam motivasi siswa dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model Quasi Eksperimental (Kuasi Eksperimen) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas 7 SMP Tamansiswa Cibadak. Adapun jumlah siswa kelas 7 yaitu 127. Instrument penelitian yang digunakan yaitu  uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan yaitu angket (kuesioner), dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Strategi Pembelajaran Google Classroom terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak siswa kelas VII di SMP Tamansiswa Cibadak.

References

Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform. MedEdPublish, 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.15694/mep.2020.000075.1

Anshori dan Iswati. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education : A case study of Peking University. March, 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191

Brock Annie. (2015). Introduction To Google Classroom: An Easy-To-Use Guide To Taking Your Classroom Digital.Createspace Independent Publishing Platform

Bungin. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Class Alexa. (2018). Google Classroom: 2018 User Manual To Learn Everything You Need To Know About Google Classroom. Createspace Independent Publishing Platform.

Desriana, dkk. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan MediaPembelajaran Berbasis Lingkungan Dengan Media Internet Dalam Pembelajaran Asam Basa di MAN Indrapuri. Vol 2 (1). 5 halaman.

Dhia Ghina. (2017).“Communication Effectiveness Of Online Media Google Classroom In Supporting The Teaching And Learning Process At Civil Engineering University Of Riau”

Dicky Pratama dan Hendri Sopryadi (2016), Pengaruh Pemanfaatan Kelas Elektronik Terhadap Efektifitas dan Efisiensi Proses Belajar STMIK XYZ, Jurnal Jatisi, Vol. 03 No. 1.

Hidayat, dkk. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis InternetPada Konsep Sistem Peredaran Darah Terhadap Hasil Siswa Pada SMA Negeri 1 Woyla. Vol 4 (1). 7 halaman.
Published
2022-08-22
How to Cite
Muharam, R., Wulandari, H., & Rahmat, D. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP TAMANSISWA CIBADAK. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(4), 5765-5772. https://doi.org/10.47492/jip.v3i6.1801
Section
Articles