IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM PENGELOLAAN WEBSITE PEMERINTAH KABUPATEN ACEH JAYA

  • M. Iskandar Universitas Teuku Umar
  • Asmaul Husna Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar, Aceh, Indonesia
Keywords: Cyber Public Relations, Website Pemerintah, Aceh Jaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan cyber public relations (PR) dalam pengelolaan website pemerintah Kabupaten Aceh Jaya. Melalui penggunaan website dan media sosial, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menerapkan e-government untuk melayani kebutuhan masyarakat umum. Metode penelitian yang digunakan adalah purposive sampling serta studi kasus melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya telah berhasil mencapai tujuan PR yang dilakukan secara online melalui penggunaan website-nya. Praktik online public relations, meliputi komunikasi strategis yang bertujuan untuk mempengaruhi hasil kepada publik. Hal ini menunjukkan bahwa dalam lingkungan yang serba digital, praktisi PR mempersiapkan komunikasi mereka seefektif mungkin untuk memastikan bahwa informasi yang diberikan benar-benar mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan demikian pemerintah Kabupaten Aceh Jaya telah berhasil mencapai tujuan PR yang dilakukan secara online melalui penggunaan website-nya.

References

Aries, Erna Febru. 2008. Metode Penelitian studi Kasus. Sumber melalui http://ardhana12.wordpress. com/. Diakses pada tanggal 25 Juni 2022

Cutlip, Scott M; Center, Allen H; Broom, Glen M. 2006. Effective Public Relations. New Jersey: Pearson Education Inc.

Dermir, Filiz O dan Kirdar, Yalcin. 2005. The World Wide Web as Media for Public Relations: a Case Study of Organizations, Use of the Internet in Turkey. Review of social, Economic, & Business Studies, vol.7/8.

Grunig, James dkk. 1992. Excellence in Public Relations and Communication Management. New Jersey: Lawrence Erlbaym Associates Publishers.

Ishak, Aswad. (2012). Peran Public Relations dalam Komunikasi Organisasi. Jurnal Komunikasi (ASPIKOM), Volume 1, Nomor 4, Januari 2012.

McQuail, Dennis. (2010). McQuail’s Mass Communication Theory. Los Angeles, London, Singapore: Sage

Mulyana, Deddy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Naumann, Friedrich. 2007. Good Governance New Public Management: Hubungan Warga Pejabat Publik. http://www.kedai-kebebasan.org/ download/1181190460_Presentasi_ Good_Governance_dan_Public_Service. pdf. diakses tanggal 26 Juni 2022

Onggo, Bob Julius. 2004. Cyber Public Relations. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Putra, H., & Zuhri, A. (2022). Implementasi Teknik Komunikasi Pembina Pramuka Terhadap Siswa. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan, 13(1), 48-60.

Wiratmo, Liliek Budiastuti. (2008). Public Relations yang Melayani, Disajikan pada Bintek KePublic relationsan Kantor Informasi dan Komunikasi Pemerintah Kota Semarang tanggal 11-12 Juni 2008

Yin, Robert K. 1989. Case Study Research Design and Method: volume 5. London: Sage Publications, Inc.

Zuhri, A., & Putra, H. R. (2021). Film Aceh dalam Perspektif Etika Komunikasi Islam. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 4(2), 1-21.
Published
2022-08-22
How to Cite
Iskandar, M., & Husna, A. (2022). IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM PENGELOLAAN WEBSITE PEMERINTAH KABUPATEN ACEH JAYA. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(4), 5701-5708. https://doi.org/10.47492/jip.v3i6.1796
Section
Articles