PENERAPAN TEKNIK POMODORO DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS SISTEM INFORMASI-3

  • Muhammad Zaki Zikrillah Baharuddin Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Irwan Padli Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sri Suci Ayu Sundari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Teknik Pomodoro, Pandemi Covid-19, Belajar, Pomo To-do.

Abstract

Belajar merupakan kewajiban bagi setiap mahasiswa. Untuk menjaga fokus belajar apalagi pada saat Pandemi  Covid-19 ini pastinya  enggak akan mudah.  Untuk itu menjaga fokus belajar perlu metode yang sesuai, salah satunya adalah menggunakan Metode Pomodoro. Metode Pomodoro ditemukan oleh seorang  mahasiswa Italia yang bernama Francesco Cirillo pada tahun 1980. Teknik belajarnya ialah  dengan memanajemen waktu. Francesco Cirillo mulai merubah mekanisme belajarnya dengan interval waktu tertentu agar kondisi jasmani maupun rohani dapat tetap terjaga. Ia membagi waktu belajar dan istirahat dengan efisien. Metode  ini dikembangkan untuk membantu orang mengatur waktu. Mengatur waktunya dilakukan dengan membagi fokus. Riset menunjukkan kalau manusia rata-rata hanya bisa fokus dalam konsentrasi tinggi selama 25-30 menit, jika lebih dari itu, maka biasanya orang akan kehilangan fokus

References

Cirillo, F. (2006). Teknik Pomodoro. Proses Agile dalam Rekayasa Perangkat lunak., 54(2).
Feng, J. (2016). Evaluasi Teknik Pomodoro Untuk Menghentikan Penundaan dan perubahan Perilaku. Interaksi Manusia Komputer, 1-3.
Heidy Arviani, H. A. (2021). Peningkatan Kualitas Belajar Siswa dengan Teknik Pomodoro, Cornell Notes, dan Feynman. Jurnal Pengabdian Masyarakat; Volume 2, 64-85.
Shinoda, K. (2020). Teknik Pomodoro Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 1-6.
Widya Ekas Septiani, S. A. (2022). Efektifitas Teknik Pomodoro terhadap kualitas Menulis Teks Deskriptif Siswa. Jurnal Basicedu Vol 6 No 3, 3390.
Zulfahmi Lubis, M. (2016). Kewajiban Belajar. Zulfahmi Lubis: Kewajiban Belajar, 229.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (n.d.)
Published
2022-09-28
How to Cite
Nasution, M. Z., Nasution, M., & Sundari, S. (2022). PENERAPAN TEKNIK POMODORO DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS SISTEM INFORMASI-3. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6035-6040. https://doi.org/10.47492/jip.v3i5.1791
Section
Articles