PEMANFAATAN LIMBAH PERTANIAN SEBAGAI MEDIA TANAM ORGANIK

  • Wenny Amaliah Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura Politeknik Pertanian dan Peternakan Mapena
  • Aliyah Aliyah Program Studi Agribisnis Politeknik Pertanian dan Peternakan Mapena
  • Ulfa Uliyani Mahasiswa Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura Politeknik Pertanian dan Peternakan Mapena
Keywords: Media Tanam, Media Tanam Organik, Limbah Pertanian

Abstract

Kabupaten Tuban merupakan daerah yang banyak menghasilkan limbah pertanian. Sejauh ini limbah pertanian yang banyak adalah limbah samping dari kelapa, padi dan juga jagung, yang limbah tersebut terbuang dan dijadikan sebagai pakan ternak. Selain itu, banyak tempat penggilingan padi sehingga menghasilkan limbah yang cukup banyak dari tempat penggilingan tersebut yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Pemanfaatan sekam padi tersebut masih sangat sedikit sehingga sekam banyak menjadi limbah di lingkungan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini merupakan inovasi media tanam organik dan juga pemanfaatan bahan-bahan dari limbah pertanian tersebut. Beberapa jenis limbah pertanian yang digunakan sebagai media tanam adalah serabut kelapa, cocopeat tempurung kelapa, sekam, dan bonggol jagung. Media tanam yang dihasilkan dapat mempermudaah masyarakat untuk bertanam dengan memanfaatkan limbah di sekitar lingkungannya dan menjadi solusi masyarakat yang tidak memiliki lahan yang luas untuk bertanam. Metode yang digunakan adalah memanfaatkan limbah pertanian sebagai media tanam organik. Hasil dan pembahasan yaitu Hasil pengujian fisik pada media tanam seperti pada teksturnya, pH media tanam, suhu media tanam, hasil pengujian perkecambahan tanaman sawi dengan media. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu memanfaatkan limbah pertanian sebagai media tanam organik yang baik untuk tanaman.

References

[1] Indahyani. 2017. Kajian Pemanfatan Limbah Sabut Kelapa Menjadi Larutan Mikroorganisme Lokal. Jurnal Agroteknologi Tropika. 7: 2.
[2] Irawan A, Hidayah N. H. 2014. Kesesuaian Penggunaan Cocopeat Sebagai Media Sapih Pada Politube Dalam Pembibitan Cempaka (Magnolia elegans (Blume) H.Keng). Jurnal Wasian. Vol 1 (2): 73-76.
[3] Nustini Y, Alwar M. 2019. Pemanfaatan Tempurung Kelapa dan Sabut Kelapa Sebagai Pupuk Oranik. Jurnal Penelitian Kelapa. Vol 5 (1): 4
[4] Pratiwi N. E, Simanjutak H. B, Banjarnahor. 2017. Pengaruh Campuran Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Stroberi (Fragaria vesca L.) Sebagai Tanaman Hias Taman Vertikal. Jurnal Ilmu Pertanian. Vol 29 (1): 11-20.
[5] Rukmana. 2014. Karakteristik Sifat Kimia Tanah dan Status Kesuburan Tanah dan Lahan Usaha Tani Beberapa Kampung Di Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian. Vol 8 (3): 315-332
[6] Wahyuno D, Manohara D. 2017. Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri. Jurnal Warta Puslitbang Perkebunan. Vol 2 (1):
Published
2020-10-01
How to Cite
Amaliah, W., Aliyah, A., & Uliyani, U. (2020). PEMANFAATAN LIMBAH PERTANIAN SEBAGAI MEDIA TANAM ORGANIK. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 1067-1072. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.1782
Section
Articles