PENGARUH MOTIVASI DAN SARANA SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Pifa Arita Lakapu Fakultas Ilmu Pendidikan, STKIP SOE
  • Imanuel Y. Faot Fakultas Ilmu Pendidikan, STKIP SOE
Keywords: Motivasi Belajar, Sarana dan Prasarana Belajar & Hasil Belajar Siswa

Abstract

Motivasi yang berhasil pada seorang siswa pasti juga akan berhasil pada siswa yang lain. Seorang siswa yang mempunyai intelengensi yang cukup tinggi, busa gagal kurang adanya motivasi dalam belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada dan tidaknya motivasi siswa serta sarana dan prasarana yang  mempengaruhi hasil belajar anak di kelas IV Sekolah Dasar Inpres Oekaem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar, dan sarana prasarana belajar terhadap hasil belajar anak kelas IV SD Inpres Oekaem. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas IV di SD Inpres Oekaem, Desa Meusin, Kecamatan Boking, Kabupaten Timor Tengah Selatan-Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sedangkan sampel penelitian adalah 40 siswa yang yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas IV-A berjumlah 20 siswa dan kelas IV-B berjumlah 20 siswa. Waktu penelitian ini dilakukan ± 1 bulan pada semester genap pada tahun 2016/2017. Adapun model analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa variabel  Motivasi serta Sarana dan prasarana belajar berpengaruh terhadap pendidikan hasil belajar anak. Karena semakin baik motivasi belajar anak tentu akan semakin tinggi pengaruhnya terhadap hasil belajar, dan diantara variabel motivasi belajar dan sarana prasarana yang paling dominan pengaruhnya terhadap hasil belajar anak adalah variabel motivasi belajar.

References

[1] Bafadal, Ibrahim. (2008), Manajemen perlengkapan sekolah: Teori Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara
[2] Hamzah, B.Uno. (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta:Bumi Aksara
[3] Mulyasa, H.E. (2012), Perkembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
[4] Nurmalia, Erlina. 2010. Pengaruh Fasilitas dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS MAN Malang 1. Skripsi Online. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (http://lib.uin-malang.ac.id/thesis/fullchapter /06130047-erlina-nurmalia.ps, diakses 16 April 2013)
[5] Nurubay, Siti. (2008). Pengaruh Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Dua Mei. Ciputat. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. (http://idb4.wikispaces.com), diakses 19 November 2016.
[6] Prasetyo, Herry dan Listyandari, Rosa, (2014), Virus-Virus Perusak Kepribadian Anak, Jakarta: PT. Gramedia Pustakaa Utama
[7] Ridwan. (2008). Guru dan Motivasi. (http://ridwan202.wordpress.com diakses tanggal 19 November 2016
[8] Sanjaya, Winna. (2008) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grouf.
[9] Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
[10] Sofan, A. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustakarya. Jakarta.
[11] Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
[12] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003, yakni Pendidikan Nasional
Published
2020-09-29
How to Cite
Lakapu, P., & Y. Faot, I. (2020). PENGARUH MOTIVASI DAN SARANA SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 975-984. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.178
Section
Articles