PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS LINGKUNGAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

  • Dante Rio Sebastian Fakultas Teknologi Informatika, Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta
Keywords: Pengaruh, Persepsi Lingkungan, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meneliti beberapa faktor penting dalam keberhasilan belajar siswa di lingkup pendidikan formal khususnya pada mata pelajaran Matematika. Metode yang dilakukan oleh penulis ialah metode pengumpulan data melalui angket dan kuesioner untuk mendapatkan data yang objektif sebelum uji hipotesis dilakukan.Setelah penulis meneliti data – data yang didapat melalui angket yang dilakukan siswa SMA X swasta, akhirnya penulis dapat menarik kesimpulan bahwa pengaruh persepsi siswa atas lingkungan dan kebiasaan belajar benar – benar penting dalam pencapaian hasil belajar yang maksimal khususnya mata pelajaran Matematika terbukti pada perolehan data yang didapat melaui survey dan kuesioner di dua sekolah swasta kelas X di Jakarta dan Bekasi. Sampel dalam penelitian ini di ambil pada kelas X IPA tahun pelajaran 2021/2022, banyaknya sampel 80 siswa dari setiap sekolah menggunakan teknik pengambilan sampel secara random/acak. Hasil Penelitian: 1) Tingkat pengaruh Persepsi siswa atas lingkungan (X1) terhadap Prestasi Belajar  (Y) signifikansinya thitung (3,074) lebih besar dari ttabel (2,042). 2) Tingkat pengaruh Kebiasaan Belajar (X2) terhadap Prestasi belajar  (Y) signifikansinya thitung (4,213) lebih besar dari ttabel (2,042). 3) Tingkat pengaruh persepsi siswa atas lingkungan (X1) dan Kebiasaan Belajar  (X2) secara simultan terhadap Prestasi Belajar (Y) sumbangan relatif masing-masing X1 sebesar 56,9 % dan X2 sebesar 45,1%.Terhadap Ý.

References

Warkintin Warkintin, 2013, Hubungan Antara Keterampilan Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa, No.4, Vol.1, 47-61, :http://www.jurnal.stkippersada.ac.id, diakses 28 Maret 2022.
[2] Jumanida, 2017, Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif serta Impikasinya dalam Pembelajaran, No. 3, Vol.2, 8-16, :http://www.ejournal.uinib.ac.id, diakses 8 April 2022.
[3] Ifni Oktiani, 2017, Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik, No.5, Vol.2, 216-232, :http//www.ejournal.uinsaizu.ac.id, diakses 9 April 2022.
[4] Syaipul Amri, 2018, Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstra Kurikuler Pramuka Terhadap Perstasi Belajar Matematika, No.3, Vol 2, 165-170, :http//ejournal.unib.ac.id, diakses 20 April 2022.
[5] Nurhayati Simatupang, 2016, Pengetahuan Cedera Olahraga Pada Mahasiswa, No.2, Vol.1, 31-42, :http//jurnal.unimed.ac.id, diakses 30 April 2022.
[6] Setyawan Mujiono, 2012, Berpikir Kritis dalam Literasi Membaca dan Menulis dalam Memperkuat Jatidiri Bangsa, No.34, 778-783, :http//www.staffnew.uny.ac.id, diakses 30 April 2022.
[7] Imam Ghozali, 2017, Pendekatan Scientific Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, No.4, Vol.1, :http//ejournal.unuja.ac.id, diakses 5 Mei 2022.
[8] Ahmad Syafi’I, Trimarfiyanto, Siti Kholidatur Rodiyah, 2018, Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi, No.2, Vol. 2, 115-123, :http//www.journal.unifatbantara.ac.id, diakses 9 Mei 2022.
[9] Rumiati, 2017, Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi, No.1, Vol.1, 21-36, :http//www.journal.unha.ac.id, diakses 9 Mei 2022
[10] Ni Ptutu Sri Nonik Andayani, Made Sulastri, Gede Sedanaya, 2014, Penerapan Layanan Bimbingan Belajar untuk, Meningkatkan Prestasi Belajar bagi Siswaa yang Mengalami Kesulitan Belajar, No.2, Vol 1, :http//www.ejournal.undiksha.ac.id, diakses 9 mei 2022
[11] Muh Sain Hanafy, 2014, Konsep Belajar dan Pembelajaran, No.17, Vol.1, :http//journal.uin-alaudin.ac.id, diakses 9 Mei 2022
[12] Reza Rizki Ali Akbar, 2018, Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran, :http//www.repoeitory.radenintan.ac.id, diakses 9 Mei 2022
[13] Lambok Simamora, 2015, Pengaruh Prestasi Tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Matematika, No.4, Vol.1, :https//www.journal.lppmunindra.ac,id, diakses 9 Mei 2022
[14] Muhammad Daus Siagian, 2016, Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika, No.2, Vol.1, : http//www.jurnal.uisu.ac.id, dikases 9 Mei 2022
[15 ]Lany Hartanti, 2015, Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap hasil Belajar Matematika, No.3, Vol.3, :http//www.journal.lppmunindra.ac.id, diakses 9 Mei 2022
[16] Jacob S Seleky, 2021, Kajin Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Melalui Pendekatan Analogi, No.5, Vol.2, 189-214, :https//www.scholar.archive.org, diakses 9 Mei 2022
Published
2022-06-29
How to Cite
Sebastian, D. R. (2022). PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS LINGKUNGAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 5055-5062. https://doi.org/10.47492/jip.v3i2.1771
Section
Articles