PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STRATEGI BELAJAR MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

  • Endang Nuryasana Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Noviana Desiningrum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Keywords: Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar, Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD & Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas kebutuhan bahan ajar pada program studi PGSD Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, dikarenakan masih sedikit dosen yang membuat bahan ajar pada setiap matakuliah yang akan diajarkan kepada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan Pretest and Postest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengamati aktivitas dosen dalam mengelola pembelajaran dan tes yang diberikan di awal (pre-test) dan setelah pembelajaran (Post-test), selanjutnya analisis data peneliti menggunakan statistik deskriptif dan uji beda (uji-t). Hasil penelitian antara lain: Aktivitas dosen dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar memiliki kategori sangat baik dengan skor rerata sebesar 4,03. Aktifitas belajar mahasiswa dalam pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar memiliki kategori positif dengan skor rerata sebesar 3,801. Ketuntasan belajar klasikal sebesar 94,07%, Motivasi belajar sebesar 89,62%, Hasil analisis data dengan rancangan pretest dan posttest desain, diperoleh bahwa parameter rerata hasil belajar pretest sebesar 63,81 lebih kecil daripada rerata hasil belajar posttest sebesar 88,74 dengan probabilitas 0,008. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang diberikan dalam hal ini yaitu bahan ajar strategi belajar mengajar berpengaruh terhadap peningkatan belajar mahasiswa.

References

[1] A.M, Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada;
[2] Andi Prastowo. 2010. Menguasai Teknik-teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: DIVA Press;
[3] Anita, Lie. 2004. Cooperatif Learning. Jakarta: Grasindo;
[4] Djoko Adiwalujo. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Sosial, Bisnis dan Ekonomi, Unesa University Press;
[5] Kemp, Jerrold E. 1995. Instruction Desigen: A Plan for Unit and Course Development. Belmon: Feron;
[6] Panen, P., dan Purwanto. 2004. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud;
[7] Ruhimat, 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada;
[8] Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
[9] Uno, H.B. 2006. Profesi kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara;
[10] Winkel. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT.
Published
2020-09-29
How to Cite
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STRATEGI BELAJAR MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967-974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Section
Articles