PASAL 27 AYAT (3) UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DALAM PERSPEKTIF KEBEBASAN BERPENDAPAT

  • Demar Bunga Kinanti Jurusan Magister ilmu Hukum fakultas hukum, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hufron Hufron Jurusan Magister ilmu Hukum fakultas hukum, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Syofyan Hadi Jurusan Magister ilmu Hukum fakultas hukum, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Freedom of expression, Democracy, Human Rights

Abstract

Article 7 of the Freedom of Opinion Law states that: “In the implementation of public expression of opinion by citizens, the apparatus is obliged and responsible for: (a). protect human rights; (b). respect the principle of legality; (c). respect the principle of the presumption of innocence; and D). organize. Furthermore, Article 8 of the Freedom of Opinion Law states that: "The community has the right to participate and be responsible for making efforts so that public opinion can take place in a safe, orderly and peaceful manner". the right to be free without any censorship or not, but in this case it is not included in the case of spreading hatred. Freedom of expression aims to liberate responsible freedom as one of the implementations of human rights in accordance with Pancasila and the 1945 Constitution of the Republic of Indonesia, to realize consistent legal protection and guarantee freedom to provide freedom, create a conducive climate, develop it, and creativity of every citizen as the embodiment of rights and freedoms. responsibility in democratic life

References

[1] A. Hamid S. Attamimi. 1990. ‘Peranan Keputusan Presiden Republik Indonesia Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Negara (Suatu Analisis Mengenai Keputusan Presiden Yang Berfungsi Pengaturan Dalam Kurun Waktu Pelita I - Pelita V)’ (Universitas Indonesia)
[2] Arinanto, Satya. 2013. Hak Asasi Manusia Dalam Transisi Politik Di Indonesia (Jakarta: Pusat Studi Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Indonesia)
[3] Asshidiqie, Jimly. 2005. Kemerdekaan Berserikat, Pembubaran Partai Politik Dan Mahkamah Konstitusi (Jakarta: Sekretariat Jenderal dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi)
[4] Aswandi, Bobi, and Kholis Roisah. 2019. ‘Negara Hukum Dan Demokrasi Pancasila Dalam Kaitannya Dengan Hak Asasi Manusia (Ham)’, Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 1.1: 128
[5] Azhary, Tahir. 2005. Negara Hukum: Suatu Studi Tentang Prinsip-Prinsip Dilihat Dari Segi Hukum Islam, Implementasinya Pada Periode Madinah Dan Masa Kini (Jakarta: Bulan Bintang)
[6] nal Yudisial, 12.1: 61
[7] Putera, Astomo. 2014. Hukum Tata Negara Teori Dan Praktek (Yogyakarta: Penerbit Thafa Media)
[8] Rachmawati, Fairus Augustina, Januari Nasya, and Ayu Taduri. 2021. ‘Implikasi Pasal Multitafsir UU ITE Terhadap Unsur Penghinaan Dan Pencemaran Nama Baik’, Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7.2: 491–508
[9] Raharjo, Satjipto. 2000. Ilmu Hukum (Bandung: Citra Aditya Bakti)
[10] Rahayu, Minto. 2007. Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi (Jakarta: Grasindo)
[11] Rasjidi, Lili, and Ira Thania. 2002. Pengantar Filsafat Hukum (Bandung: Mandar Maju)
[12] Sefriani. 2012. ‘Kewenangan Negara Melakukan Pengurangan Dan Pembatasan Terhadap Hak Sipil Politik’, Jurnal Konstitusi, 1.1
[13] Sengi, Ernest. 2018. Kebijakan Formulasi Tindak Pidana Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial (Semarang: CV. Pilar Nusantara)
[14] Setiawan, M. Nanda. 2021. ‘Mengkritisi Undang-Undang ITE Pasal 27 Ayat (3) Dilihat Dari Sosio-Politik Hukum Pidana Indonesia’, DATIN Law Jurnal: 1–21
Published
2022-06-29
How to Cite
Kinanti, D. B., Hufron, H., & Hadi, S. (2022). PASAL 27 AYAT (3) UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DALAM PERSPEKTIF KEBEBASAN BERPENDAPAT. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 5037-5046. https://doi.org/10.47492/jip.v3i2.1769
Section
Articles