SEJARAH PENDIDIKAN INDONESIA AWAL KEMERDEKAAN TAHUN 1945-1950

  • Ardiana Sari Dangu Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Laba Sumarjiana Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ruli Anto Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Sejarah, Pendidikan, Indonesia, Kemerdekan

Abstract

Pendidikan Indonesia pada masa awal kemerdekaan tahun 1945-1950 masih dalam keadaan yang sulit. Bangsa Indonesia pada awal kemerdekaan banyak mengalami kesulitan dimana banyak terjadi perubahan-perubahan, yang tidak hanya terjadi dalam bidang pemerintahan saja tetapi juga dalam bidang pendidikan. Pendidikan nasional bertujuan untuk menciptakan warga negara yang sosial, demokratis, dan bertanggung jawab dan siap sedia menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk negara. Praktek pendidikan selepas penjajahan menekankan pengembangan jiwa patriotisme. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk melatih kemampuan berpikir ilmiah dengan mengintergrasikan berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan penelitian yang berjudul sejarah pendidikan indonsesia awal kemerdekaan tahun 1945-1945. Secara khusus penelitian ini bertujuan menngetahui pendidikan di Indonesia awal kemerdekaan dan pembaca dapat memahami sejarah pendidikan di Indonesia awal kemerdekaan. Adapun metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Penelitian ini menemukan gambaran mengenai sejarah pendidikan Indonesia awal kemerdekaan tahun1945-1950. Hasil penelitian ini berimplikasi bahwa perlunya mengkaji sejarah Pendidikan Indonesia untuk memahami nilai-nilai sejarah Pendidikan Indonesia pada masa awal kemerdekaan Indonesia.

References

]. Fadli, M. R., & Kumalasari, D. (2019). Sistem Pendidikan Indonesia Pada Masa Orde Lama (Periode 1945-1966). Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 9(2), 157-171.
[2]. Gottschalk, Louis. 1986. Menegerti Sejarah. Jakarta: UI Pres
[3]. Gunawan, Ary. H (1995) Kebijakan- Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bina Aksara
[4]. Haryanah, N. (2004). Rekonstruksi Sistem Pendidikan di Indonesia sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Bangsa. None, 20(4), 540-554.
[5]. Ismaun, 2005. Sejarah sebagai Ilmu. Bandung: Histori Utama Pers
[6]. Kuntowijoyo, 2003. Pengantar Ilmu Sejarah. yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya.
[7]. Moleong, 2002. Rancangan Penelitian: Yogyakarta pustka Fahima Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
[8]. Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01), 123-144
[9]. Sartono, K. 1982. Pikiran dan Perkembangan Historiografi Indoneisa Suatu Altarnatif. Jakarta : Gramedia
[10]. Saputra, A. (2008). Menuju Sistem Pendidikan Global. Unisia, 31(67), 1-15
[11]. Widja, I. G. 1989. Sejarah Lokal Suatu Perspektif Dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: Depdikbud
Published
2022-06-29
How to Cite
Dangu, A. S., Sumarjiana, I. K. L., & Anto, R. (2022). SEJARAH PENDIDIKAN INDONESIA AWAL KEMERDEKAAN TAHUN 1945-1950. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 4717-4722. https://doi.org/10.47492/jip.v3i2.1733
Section
Articles