HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN KINERJA GURU

  • Safrijal Safrijal Universitas Jabal Ghafur
Keywords: Supervisi, Akademik, Kinerja, Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan korelasi supervisi akademik dengan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakankan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis korelasi. Pupulasi dalam penelitian ini berjumlah 127 orang guru SD Negeri di Kecamatan Indrajaya Kabupaten Pidie. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah melalui angket yang berbentuk koesioner dan diukur dengan menggunakan skala Likert. Analisis data menggunakan analisis korelasi regresi. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara supervisi akademik dengan kinerja guru. Koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,704 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,05. Hal ini menjadi indikasi bahwa supervisi akademik mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan kinerja guru.

References

Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta : Rineka Cipta.
[2] Sedarmayanti. 2004. Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja – Bandung : Mandar Maju.
[3] Sagala, 2007. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
[4] Rivai, Veithzal. 2005. Perpormance Appraisal. Jakarta : Raja Grafindo Parsada.
[5] Hasibuan, Malayu S. P, (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
[6] Usman, H. dan Akbar, P, S. 2008. Pengantar Statistik, Edisi Kedua, Jakarta: Bumi Aksara.
[7] Sutisna, Oteng. 1983. Administrasi Pendidikan. Bandung : Angkasa.
[8] As’ad. 1998. http://etd.eprints.ums.ac.id.
Published
2022-06-29
How to Cite
Safrijal, S. (2022). HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN KINERJA GURU. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 4709-4716. https://doi.org/10.47492/jip.v3i2.1732
Section
Articles