DIGITAL TECHNOLOGY BECOME A MARKETING STRATEGY IN THE NEW NORMAL ERA

Keywords: Teknoligi Digital, Strategi Pemasaran, New Normal

Abstract

Pandemi Covid-19 melanda dunia, dan Indonesia termasuk di dalamnya. Indonesia berjuang melawan Covid-19 dengan memodifikasi kebijakan karantina wilayah (lockdown) menjadi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang bersifat lokal sesuai tingkat keparahan di wilayah provinsi, kabupaten, atau kota, kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat hingga PPKM Level 3 dan 4. Adanya penutupan kebijakan ini dilakukan untuk mencegah keramaian atau berkumpulnya masyarakat berskala besar dalam satu lingkup tempat. Akibatnya perekonomian melemah karena daya beli konsumen yang menurun. Pusat belanja hypermart pun terkena dampak penurunan pendapatan hingga 50% dirasakan akibat kebijakan-kebijakan dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. Pandemi virus Corona (Covid-19) memaksa masyarakat mengurangi aktivitasnya di luar rumah. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk mengurangi penyebaran virus ini. Masyarakat tentu tetap memerlukan berbagai kebutuhan. Untuk memfasilitasi hal tersebut hypermart akhirnya menyediakan layanan belanja secara online. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini hypermart dengan memanfaatkan teknologi digital mencatatkan pertumbuhan penjualan meningkat dua kali lipat melalui platform online di masa pandemi Covid-19, Penjualan online melalui chat di aplikasi WhatsApp, hypermart online via aplikasi dan memudahkan konsumen dengan metode pembayaran yang dapat dilakukan melalui Ovo, Gopay, Kiris (pake scan QR). Strategi pemasaran menggunakan digital marketing selain membantu kebijakan pemerintah untuk memutus penyebaran Covid-19 hypermart menerapkan belanja online ditengah pandemi saat ini untuk menciptakan kemudahan konsumen dalam berbelanja yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

References

Fatah Syukur NC, Teknologi Pendidikan, (Semarang: Rasai Media Group, 2008), h. 117.
Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik pada PT. Danar Hadi Surakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 144–151.
Indriya, I. (2020). Konsep Tafakkur Dalam Alquran Dalam Menyikapi Coronavirus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15048
Predik Pandiangan, I. A. O. M. (2020). Strategy, Digital Marketing, Property Agent, New Normal. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN BISNIS DAN INOVASI UNIVERSITAS SAM RATULANGI, 7(3), 502–511.
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Khie, L., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, O. M., Yunihastuti, E., Penanganan, T., New, I., … Cipto, R. (2020). Coronavirus Disease 2019 : Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019 : Review of Current Literatures. 7(1), 45–67.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Wahidah, I., Athallah, R., Hartono, N. F. S., Rafqie, M. C. A., & Septiadi, M. A. (2020). Pandemik COVID-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 11(3), 179–188. https://doi.org/10.29244/jmo.v11i3.31695
Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid -19); Sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187–192. https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/v1i218wh
Zahrotunnimah, Z. (2020). Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15103
Published
2022-06-29
How to Cite
Sa’ban, L. A. (2022). DIGITAL TECHNOLOGY BECOME A MARKETING STRATEGY IN THE NEW NORMAL ERA. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 5115-5124. https://doi.org/10.47492/jip.v3i2.1728
Section
Articles