PENGEMBANGAN VIDEO MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERENCANAAN GEDUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 3 TEBO

  • Okto Susandri Universitas Jambi
Keywords: Pengembangan, Video Pembelajaran, Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Gedung

Abstract

Bahan ajar video pembelajaran merupakan aplikasi yang dapat digunakan sistematis dan dibuat dengan semenarik mungkin untuk dapat menarik minat belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi pada kompetensi keahlian DPIB SMK Negeri 3 Tebo belum ditemukan bahan ajar yang menarik. Bahan ajar yang digunakan guru pada proses pembelajaran belum memunculkan minat belajar siswa, sehingga siswa mengalami kesulitan memahami materi APLPIG. Terlihat bahwa bahan ajar yang digunakan pada proses pembelajaran hanya menggunakan buku paket. Bahan ajar yang dipakai saat ini mengakibatkan hasil belajar siswa tidak maksimal, sehingga hasil belajar siswa rendah dan banyak tidak mencapai KKM sebelum dilakukan remedial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses perancangan, proses pengembangan, proses validasi, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan video mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Gedung sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model Lee and Owens. Instrumen penelitian ini adalah lembar angket validasi ahli media, ahli materi dan praktisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Gedung berupa video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar yang dikembangkan berada di kategori sangat valid/sangat layak untuk digunakan. Hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Gedung berupa video pembelajaran yakni bahan ajar APLPIG berupa video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.  

References

[1] Agustania, Anindita. 2014. “Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Promosi Dinamis Di SMK Negeri 1 Pengasih.” UNY.
[2] Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresi, Da Kontekstual: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 ( Kurikulum Tematik Integrati). Jakarta: Kencana.
[3] Alessi, Stephen M., and Stanley R. Trollip. 2001. “Multimedia for Learning: Methods and Development.” European Journal of Education Studies.
[4] Aqib, Z. 2013. Model-Model, Media, Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
[5] Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
[6] Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
[7] Khairani, Miftahul, Sutisna Sutisna, and Slamet Suyanto. 2019. “Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Biolokus. doi: 10.30821/biolokus.v2i1.442.
[8] Kurniawan, Taufik Dwi. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahun Ajaran 2015/2016.” Jurnal Pendidikan Ke-SD-An.
[9] Lee, W. .., and D. L. Owens. 2004. Multimedia-Based Instructional Design, 2nd Edition. San Fransisco: Pfeiffer.
[10] Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Jakarta: PT Rosdakarya.
[11] Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta, Cv.
[12] Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat.
[13] Putra, Adika Primadana. 2019. “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Video Tutorial Dynamic Block Dalam Autocad Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancangan Interior Gedung Di Kelas XI Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Kendal.” Universitas Negeri Semarang.
[14] Rachman, Andoga. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Dynamic Block Dalam AutoCAD Pada Mata Pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak Kelas XII SMK N 1 Pajangan.” UNY.
[15] RI, UU. 2003. “Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta: Depdiknas.
[16] Riyana, Cheppy. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
[17] Romadon, Fajar. 2015. “Penerapan Video Pembelajaran CAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menggambar Dua Dimensi Pada Kelas X TKR SMK Askhabul Kahfi Tahun Pelajaran 2012/2013.” Universitas Negeri Semarang.
[18] Rusdi, M. 2019. Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan. Depok: Rajawali Pers.
[19] Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono, and Rahardjito. 2012. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Per.
[20] Sagala, Syaiful. 2012. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, Cv.
[21] Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.
[22] Sanjaya, W. 2008. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
[23] Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
[24] Sugiyono, Prof. Dr. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 2nd ed. edited by M. Dr.Ir.Sutopo.S.Pd. Bandung: Alfabeta.
[25] Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
[26] Suryani, Nunuk, Achmad Setiawan, Aditin Putria, and Pipih Latifah. 2018. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[27] Titu, Maria Anita. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi.” in Prosiding Seminar Nasional.
[28] Winarno, and Dkk. 2009. Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Genius Prima Media.
[29] Yayasan Penyelenggara Penterjemahan Al-Qur’an. 2016. Az-Zikr. Al-Qur’an Latin Dan Terjemahan. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.
Published
2022-07-28
How to Cite
Susandri, O. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERENCANAAN GEDUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 3 TEBO. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5135-5146. https://doi.org/10.47492/jip.v3i3.1727
Section
Articles