ETIKA PEMERINTAHAN DALAM PELAYANAN PUBLIK DI MASA PANDEMI

Keywords: Etika Pemerintah, Pelayanan Publik, Masa Pandemi

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui etika pemerintahan dalam pelaksanaan pelayanan publik di masa pandemi pada kantor Kelurahan Bandar Batauga Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Kantor Kelurahan Bandar Batauga sebaiknya meningkatkan kedisiplinan pegawai, memberikan sangsi bagi pegawai yang tidak disiplin agar masyarakat sebagai pengguna layan merasa puas dalam pelayanan. Kelurahan Bandar Batauga perlu memiliki standar pelayanan agar pegawai melaksanankan tugasnya dengan  baik mengikuti SOP yang telah ada. Selain itu Kelurahan Bandar Batauga perlu mengajukan permintaan penambahan pegawai kepada Pemerintah Kabupaten Buton Selatan. Pegawai di Kelurahan Bandar Batauga sebaiknya saling mengingatkan kedisiplinan kehadiran pegawai di kantor agar masyarakat tidak harus menunggu berhari-hari untuk mendapatkan respon bila mengurus di Kelurahan.

References

Ahyaruddin, M., & Akbar, R. (2017). Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia Akuntabilitas dan kinerja instansi pemerintah : Semu atau nyata ? Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 21(2). www.journal.uii.ac.id/index.php/jaai%0AAkuntabilitas
Ariany, R., & Putera, R. E. (2013). Analisis Kinerja Organisasi Pemerintah dalam Memberikan Pelayanan Publik di Kota Pariaman. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 29(1), 33. https://doi.org/10.29313/mimbar.v29i1.364
Denny Nazaria Rifani. (2021). Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau. Sawala : Jurnal Administrasi Negara, 9(2), 115–124. https://doi.org/10.30656/sawala.v9i2.3761
Endah, K. (2018). Etika Pemerintahan Dalam Pelayanan Publik. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(1), 141–151. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/moderat/article/view/1088
Friday Fry, A. S. (2021). Etika Pelayanan Publik (Studi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ende). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5235–5243. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1807
Moleong, L.J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ndiki, M. E. (2016). TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PEMERINTAH DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(1), 39–43.
Pai, F.P. Pangkey, M.S. & Tampi, G. . (2016). Pelayanan Publik Di Kantor Camat Malalayang Kota Manado Faisal Putra Pai Masje Pangkey. Jurnal Administrasi Publik, 1(36), 1–11.
Rorong, M. (2020). Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara. Majalah Ilmiah FISIP UNTAG Semarang, 1(21), 104–122.
Sujendra, B., & Sihaloho, N. (2021). Etika Aparatur Pemerintah Daerah dalam Pelayanan Adminsitrasi Kependudukan Masa Pandemi Covid-19 Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mempawah. KEMUDI : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 6(01), 27–36. https://doi.org/10.31629/kemudi.v6i01.3481
Wulandira, F., Mairi, B., Sampe, S., Jacklin, L., & Lotulung, H. (2021). PELAYANAN PUBLIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN BAHU KECAMATAN MALALAYANG KOTA MANADO PUBLIC SERVICES DURING COVID-19 PANDEMIC IN BAHU SUB-DISTRICT MALALAYANG DISTRICT MANADO CITY PENDAHULUAN Latar Belakang. 17, 521–530.
Published
2022-06-29
How to Cite
Nastia, N., & Sadat, A. (2022). ETIKA PEMERINTAHAN DALAM PELAYANAN PUBLIK DI MASA PANDEMI. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 5081-5090. https://doi.org/10.47492/jip.v3i2.1718
Section
Articles