PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KARYAWAN (STUDI KASUS KARYAWAN DI KANTOR SUKU DINAS PENANGGULANGAN KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT KOMPI A,B, DAN C)

  • Sita Husnul Khotimah Sekolah Tinggi Agama Islam ALHIKMAH Jakarta
  • Nofi Maria Krisnawati Sekolah Tinggi Agama Islam ALHIKMAH Jakarta
  • Ahmad Rasuli Sekolah Tinggi Agama Islam ALHIKMAH Jakarta
  • Ratna Dewi Sekolah Tinggi Agama Islam ALHIKMAH Jakarta
Keywords: Pengembangan Karir & Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan dari peneiltian ini adalah untuk mengetahui apakah pengembangan karir berpengaruh tehadap motivasi belajar karyawan di Kantor Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Barat Kompi A, B Dan C. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan program SPSS 22.0. Tehnik pengumpulan data melalui kuesioner sebanyak 58 responden dengan menggunakan tehnik sampling jenuh, yaitu menggunakan seluruh populasi untuk dijadikan sampel. Dari pengujian hipotesis secara parsial (uji t) yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa pengembangan karir berpengaruh terhadap motivasi belajar karyawan. Dengan demikian, proses pengembangan karir di perusahaan harus di manage dengan baik agar dapat meningkatkan motivasi karyawan untuk belajar, dalam hal ini menempuh pendidikan yang lebih tinggi ke jenjang berikutnya.

References

[1] Rosyidawaty, S., & Sembiring, J. (2018). Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan di Telkomsel Regional Jawa Barat. eProceedings of Management, 5(1).
[2] Wibowo, F. D. (2006). Analisis Pengaruh Peran Kepemimpinan dan Pengembangan Karir Terhadap Komitmen Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus: PT. Bank Maspion Indonesia Cabang Semarang) (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).
[3] Parimita, W., Wahda, L. A. A., & Handaru, A. W. (2015). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT POS INDONESIA (PERSERO) BEKASI. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 326-350.
[4] Daryanto dan Tasrial, Pengembangan karir profesi guru, Yogyakarta: Gava Gaya Media, 2015.
[5] Bahri, S., & Nisa, Y. C. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(1), 9-15.
[6] Amalia, M. M. (2012). Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Belawan (Master's thesis).
[7] Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja.Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.
[8] Hamzah, B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
[9] Normaliani, N., Jamal, M. A., & Suyidno, S. (2013). Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pengajaran langsung dengan metode demonstrasi. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 21-30.
[10] Priyono, P., & Rahayu, A. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Kedisiplinan terhadap Pengembangan Karier Guru SMK di Kabupaten Boyolali. QUALITY, 4(1), 25-44.
[11]Djamaludin, M. (2009). Pengaruh Komitmen Organisasional, Pengembangan Karier, Motivasi Kerja Dan Karakteristik Individual Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur. Die, 5(2).
[12]Pramuditha, P. (2019). Pengaruh Pengembangan Karier Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Bank Nasional Di Indonesia. Atrabis, 5(2), 105-124.
Published
2020-09-29
How to Cite
Khotimah, S., Krisnawati, N., Rasuli, A., & Dewi, R. (2020). PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KARYAWAN (STUDI KASUS KARYAWAN DI KANTOR SUKU DINAS PENANGGULANGAN KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT KOMPI A,B, DAN C). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 919-924. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.171
Section
Articles