EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LURING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PACAR

HASIL BELAJAR IPA SISWA

  • Arsenius Budi Sugardan Universitas Flores
  • Aloisius Harso Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores
  • Ilyas Ilyas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores
Keywords: Covid-19, Luring dan Hasil Belajar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran luar jaringan dalam meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pacar Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis Penelitian adalah penelitian survey.Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pacar, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 Siswa. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa nilai tes hasil belajar. Analisa data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran luring  memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pacar dengan perolehan hasil analisa yakni Nilai signifikan 0,000 <α = 0,05 dengan t hitung (10,608) > t tabel (2,042).

Kata Kunci:Covid-19, Luring dan Hasil BelajarAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran luar jaringan dalam meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pacar Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis Penelitian adalah penelitian survey.Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pacar, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 Siswa. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa nilai tes hasil belajar. Analisa data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran luring memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pacar dengan perolehan hasil analisa yakni Nilai signifikan 0,000 <α = 0,05 dengan t hitung (10,608) > t tabel (2,042).
Kata Kunci:Covid-19, Luring dan Hasil Belajar

References

DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. (2020). Surat Edaran Sekertaris Jendral Nomor 15 Tahun 2020. 021.
Ilyas. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Fisika Dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Tinggimoncong. Program, D., & Pendidikan, S. (n.d.). 3, 27–32.
Larasati, Azalea Dewi, dkk.(2020). Pengaruh Bimbingan Belajar Secara Luring dan Daring di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belejar Siswa di Kecamatan Banjarnegara.KKN Unes Bersama Melawan Covid-19.
Mappeasse. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable logic Controller (PLC) siswa kelas III Jurusan Listrik SMK 5 Makasar. Jurnal MEDTEK 1 (2).
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2022-06-29
How to Cite
Sugardan, A., Harso, A., & Ilyas, I. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LURING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PACAR. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 4977-4982. https://doi.org/10.47492/jip.v3i2.1707
Section
Articles