KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN DI ERA BONUS DEMOGRAFI

  • Cory Marlia Program Magister Universitas Negeri Medan
  • Susanto Ginting Program Magister Universitas Negeri Medan
  • M. Joharis Lubis Program Magister Universitas Negeri Medan
Keywords: Kepemimpinan, Pemerintahan, Bonus Demografi

Abstract

Bonus demografi merupakan keadan yang bisa dimanfaatkan oleh suatu pemerintahan untuk merubah suatu program dan sistem ke arah yang lebih baik karena orang yang usia produktif lebih tinggi dibandingkan dengan usia yang non produktif. Penelitan ini bertujuan untuk melihat bagaimana system kepemimpinan pemerintahan jika negaranya tersebut sedang berada di era bionus demografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan metode analisis deskriptif-kualitatif dengan berbasiskan kajian kepustakaan (library research). Penelitian dalam penulisan ini mengemukakan beberapa definisi dan teori-teori yang terdapat dalam sumber rujukan dan pendapat pribadi penulis mengenai kepemimpinan Pemerintahan di Era Bonus Demografi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa suatu pemerintahan di era bonus demografi dapat mengambil dampak positive dengan Menaikkan Produk Domestik Bruto (PDB), meningkatkan tabungan masyarakat dan social, Membentuk generasi emas, dan meringankan beban hidup masyarakat.

References

[1] Adioetomo, S. M. (2012). Transisi Demografi, Bonus Demografi dan the Window of Opportunity. Jakarta: Universitas Indonesia.
[2] Bloom, D., Canning, D., & Sevilla, J. (2003). The Demographic Dividend: A New Perspective on The Economic Consequences of Population Change. Rand Corporation.
[3] BPS. (2012). Analisis Statistik Sosial: Bonus Demografi dan Pertumbuhan Ekonomi. Jakarta: Badan Pusat Statistik
[4] Aliman Muhammad, Tuti Mutia, Dahri Hi Halek, Rafika Hasanah, Hujairah Hi Muhammad. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Spasial Bagi siswa SMA. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 4 (2):1-10.
[5] Jalaludin & Fahri, A. (2013). Analisis Parameter Sosio-Demografik Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 23(2), 135-142.
[6] Prosiding
[7] Cheung, S. L. K., Yip, P. S. F., Chi, I., Golini, A., & Robine, J. M. (2004). Change in Demographic Window in Low Fertility Countries. Paper presented at the International Seminar on the Demographic Window and Health Aging: Socioeconomic Challenges and Opportunities, Beijing, 10-11 May 2004.
[8] Golini, A. (2014). A Domestic and an International View from a Demographic Window. Paper presented at the International Seminar on the Demographic Window and Health Aging: Socioeconomic Challenges and Opportunities, Beijing 10-11 May 2014.
Published
2022-06-01
How to Cite
Marlia, C., Ginting, S., & Lubis, M. J. (2022). KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN DI ERA BONUS DEMOGRAFI. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 4319-4324. https://doi.org/10.47492/jip.v3i1.1638
Section
Articles