STRATEGI PARTAI POLITIK BARU: STUDI KASUS STRATEGI PARTAI POLITIK JARING DUKUNGAN MASYARAKAT KOTA PROBOLINGGO

  • Sohibul Watoni Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Panca Marga
  • Renny Candradewi Puspitarini Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Panca Marga
Keywords: Dukungan Masyarakat, Strategi dan Partai Politik.

Abstract

Partai politik merupakan pilar demokrasi yang berakar dari legitimasi sosial masyarakat. Partai politik ada untuk ikut dalam pencalonan pemilihan umum, dengan impian mendapat kontrol atas kekuasaan pemerintahan dengan menguasai jabatan publik. Namun, kasus-kasus suap, korupsi, dan penyelewengan kekuasaan yang masih sering terjadi, ternyata mengikutsertakan para elite partai politik, baik di pemerintahan eksekutif maupun lembaga legislatif. Kasus tersebut berpengaruh pada menurunnya kepercayaan masyarakat yang berupa dukungan terhadap partai politik. Dari persoalan diatas, membuat banyak organisasi mendeklarasikan diri sebagai partai politik baru. Di antaranya yaitu Perindo, PSI, Partai Berkarya dan Partai Garuda yang baru menjadi peserta pemilu pada tahun 2019. Tulisan ini bermaksud mengkaji strategi partai baru tersebut dalam menjaring dukungan masyarakat. Adapun tujuan penelitian yakni untuk mengetahui bagaimana strategi partai politik baru, dalam menjaring dukungan masyarakat dari partai politik lama.

References

[1] Adi Pradana, Mahatva Yoga. “Relasi Kuasa Politik Tokoh Agama Dalam Hegemoni Pemilukada 2020.” Living Islam: Journal Of Islamic Discourses 3, No. 2 (December 31, 2020). Https://Doi.Org/10.14421/Lijid.V3i2.2418.
[2] Aja Syahri, Ahmad Tamrin Sikumbang, Muhammad Husni Ritonga,. “Efektivitas Komunikasi Politik Ppp Dalam Menjalin Hubungan Dengan Konstituen Di Kota Medan.” Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi 3, No. 2 (August 25, 2020): 208–26. Https://Doi.Org/10.35326/Medialog.V3i2.787.
[3] Aminuddin, M. Faishal, And Moh. Fajar Shodiq Ramadlan. “Match-All Party: Pragmatisme Politik Dan Munculnya Spesies Baru Partai Politik Di Indonesia Pasca Pemilu 2009.” Jurnal Politik 1, No. 1 (August 1, 2015): 39–74. Https://Doi.Org/10.7454/Jp.V1i1.9.
[4] Efriza, Nfn. “Eksistensi Partai Politik Dalam Persepsi Publik [The Existence Of The Political Parties In Public Perception].” Jurnal Politica Dinamika Masalah Politik Dalam Negeri Dan Hubungan Internasional 10, No. 1 (May 31, 2019): 17–38. Https://Doi.Org/10.22212/Jp.V10i1.1314.
[5] Eka Patrisia, Novliza, And Hafri Yuliani. “Marketing Politik Pemilukada Cagub Provinsi Bengkulu Tahun 2020 (Studi Pada Pasangan Helmi – Dedi).” Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi 3, No. 2 (December 31, 2020): 190–94. Https://Doi.Org/10.31334/Transparansi.V3i2.1159.
[6] Ghifary, Bismo. “Marketing Politik Mulyadi Pada Pemilihan Umum Dpr-Ri Tahun 2019 Di Provinsi Sumatera Barat.” Jurnal Demokrasi Dan Politik Lokal 2, No. 2 (October 29, 2020): 140–47. Https://Doi.Org/10.25077/Jdpl.2.2.140-147.2020.
[7] Hanafi, Ridho Imawan. “Pemilihan Langsung Kepala Daerah Di Indonesia: Beberapa Catatan Kritis Untuk Partai Politik,” N.D., 16.
[8] Kusnindar, Arum Arupi. “Perlukah Strategi Marketing Dalam Pemilihan Kepala Desa (Pekon)?,” 2021, 8.
[9] Laila, Aida Farichatul, Khoirul Muslimin, And Lukman Hakim. “Taktik Komunikasi Politik Partai Nasdem Dalam Memenangkan Pemilu Legislatif 2019.” Journal Of Communication Studies 1, No. 2 (February 15, 2022): 135–53. Https://Doi.Org/10.37680/Jcs.V1i2.1149.
[10] Launtu, Ansir. “Analisis Dan Eksistensi Politik Kandidat Walikota Dalam Meyakinkan Pemilih Pada Pilkada Kota Makassar Di Tinjau Dari Aspek Marketing Mix,” N.D., 8.
[11] Leni, Nurhasanah. “Demokrasi Dan Budaya Politik Lokal Di Jawa Timur Menurut R. Zuhro, Dkk.,” 2012, 20.
[12] Libriyanti, Nabila Sahma, And Vera Wijayanti Sutjipto. “Efektifitas Pemasaran Organisasi Melalui Iklan Dalam Meningkatkan Kesadaran Publik,” 2021, 18.
[13] Mayrudin, Yeby Ma’asan. “Dinamika Partai Politik Dan Positioning Ideologi: Studi Tentang Pergeseran Positioning Ideologi Partai-Partai Politik Peserta Pemilu 2014.” Journal Of Governance 2, No. 2 (December 28, 2017). Https://Doi.Org/10.31506/Jog.V2i2.2674.
[14] Merisa, Manda, And Effendi Hasan. “Pass Marketing Politik Fadhil Rahmi Pada Pemilu Dpd Ri Tahun 2019 Di Aceh” 2, No. 1 (2021): 14.
[15] Moneter, Bella Adha Hendriana, And Eko Harry Susanto. “Strategi Komunikasi Politik Partai Baru (Studi Kasus Perolehan Suara Partai Solidaritas Indonesia Di Dprd Dki Jakarta Pada Pemilu 2019).” Koneksi 4, No. 1 (March 22, 2020): 43. Https://Doi.Org/10.24912/Kn.V4i1.6508.
[16] Mustofa, Ali. “Peran Media Massa Sebagai Sarana Iklan Politik Parpol (Kajian Terhadap Kasus Surya Paloh Dan Partai Nasdem),” No. 1 (N.D.): 8.
[17] Ngato, Arifman, Agustinus Pati, And Maxi Egeten. “Strategi Pemenangan Calon Legislatif Partai Nasional Demokrat Periode 2014-2019 Di Kabupaten Pulau Morotai,” No. 1 (2018): 11.
[18] Novitasari, Dian, Akhmad Rosihan, And Bianca Virgiana. “Komunikasi Politik Partai Baru Di Kabupaten Ogan Komering Ulu Tahun 2019” 5 (2019): 14.
[19] Pohan, Zafar Siddik. “Political Marketing Partai Politik Dalam Pemilihan Umum Presiden Tahun 2009” 6 (N.D.): 18.
[20] Priana, Ayu. “Efektivitas Iklan Baliho Grace Natalie Dalam Meningkatkan Citra Diri Sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Tahun 2019.” Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media 4, No. 2 (February 23, 2020): 108–22. Https://Doi.Org/10.33884/Commed.V4i2.1652.
[21] Qomariyah, Puji. “Respon Masyarakat Terhadap Peran Politik Kyai” 9 (2014): 18.
[22] Ramadlan, Fajar Shodiq, And Romel Masykuri. “Marketing Isu Agama Dalam Pemilihan Kepala Daerah Di Indonesia 2015-2018.” Jurnal Penelitian Politik 15, No. 2 (December 31, 2018): 249. Https://Doi.Org/10.14203/Jpp.V15i2.753.
[23] Sanjaya, Ronny. “Pemasaran Politik Caleg Pendatang Baru Dalam Pemilu (Studi Kasus Wardi Ningsih Caleg Pan Dapil 1 Kabupaten Lamandau).” Politika: Jurnal Ilmu Politik 8, No. 1 (October 25, 2017): 103. Https://Doi.Org/10.14710/Politika.8.1.2017.103-112.
[24] Susanto, Andry. “Strategi Partai Perindo Jelang Pemilu 2019,” 2018, 12.
[25] Sutrisno, Sutrisno, Neneng Yani Yuningsih, And Leo Agustino. “Komparasi Teori Marketing Politik 4p Menurut Niffenegger Dan 3p Menurut Adman Nursal.” Jppuma Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area 6, No. 2 (December 28, 2018): 106. Https://Doi.Org/10.31289/Jppuma.V6i2.1617.
[26] Wafa, M Dhuha Aniqul. “Peran Politik Kyai Di Kabupaten Rembang Dalam Pemilu Tahun 1994-2009” 1 (2012): 8.
[27] Wahyudy, Fahmy Iss, Widya Setiabudi Sumadinata, And Leo Agustino. “Strategi Partai Solidaritas Indonesia Dalam Memenangkan Suara Pemilih Minoritas Pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019” 6 (2019): 15.
Published
2022-06-01
How to Cite
Watoni, S., & Puspitarini, R. C. (2022). STRATEGI PARTAI POLITIK BARU: STUDI KASUS STRATEGI PARTAI POLITIK JARING DUKUNGAN MASYARAKAT KOTA PROBOLINGGO. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 4297-4306. https://doi.org/10.47492/jip.v3i1.1635
Section
Articles