NILAI SOSIAL BERBASIS GENDER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

  • Ni Wayan Eminda Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Wedasuwari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Gede Bambang Erawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Nilai Sosial, Pembelajaran bahasa, Gender

Abstract

Tulisan ini merupakan studi kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan wujud nilai sosial berbasis gender dalam pembelajaran bahasa. Dalam hal ini, wujud dan strategi nilai sosial dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa tercermin dalam wacana kelas. Pengambilan data menggunakan teknik observasi langsung, dokumentasi, dan wawancara dengan informan yaitu dua guru laki-laki dan perempuan dan siswa laki-laki dan perempuan kelas XI SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar. Penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk nilai sosial berbasis gender dalam pembelajaran bahasa meliputi mampu bekerja sama, toleransi, dan membangun komunikasi yang komunikatif, (2) strategi penyampaian nilai sosial berbasis gender dalam pembelajaran bahasa meliputi pembiasaan, penugasan, pelibatan, dan keteladanan. Manfaat penelitian ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada guru dan siswa mengenai penerapan nilai sosial pada pembelajaran dengan memperhatikan aspek gender siswa.

References

[1] M. Handojono and T. J. F. K. Matrutty, “the Effect of Internalization of Local Culture on Auditor’S Skepticism,” Int. J. Econ. Bussiness Account. Res., vol. 5, no. 2, pp. 386–398, 2021.
[2] H. Coates, “The value of student engagement for higher education quality assurance,” Quality in Higher Education. 2005. doi: 10.1080/13538320500074915.
[3] M. Isberner, F. Howar, and B. Steffen, “Learning register automata: From languages to program structures,” Mach. Learn., vol. 96, no. 1–2, pp. 65–98, 2014, doi: 10.1007/s10994-013-5419-7.
[4] C. Brown, “from Infant to Adult *,” Perception, pp. 4–63, 1996.
[5] S. Er, “Using Total Physical Response Method in Early Childhood Foreign Language Teaching Environments,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 93, pp. 1766–1768, 2013, doi: 10.1016/j.sbspro.2013.10.113.
[6] J. Richards, Communicative Language Teaching Today, vol. 25, no. 2. 2006.
[7] D. Culberg, “The accused’s bad character: Theory and practice,” Notre Dame Law Rev., vol. 84, no. 3, pp. 1343–1368, 2009.
[8] M. Fakih, Analisis Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2013.
[9] N. W. E. Sari, I. A. M. Wedasuwari, and ..., “Menanamkan Nilai Budaya Melalui Wacana Kelas Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kerambitan,” J. Santiaji …, vol. 11, no. September, 2021, [Online]. Available: http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jsp/article/view/3089
Published
2022-06-01
How to Cite
Sari, N. W. E., Wedasuwari, I. A. M., & Erawan, D. G. B. (2022). NILAI SOSIAL BERBASIS GENDER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 4249-4256. https://doi.org/10.47492/jip.v3i1.1629
Section
Articles