PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE BERBASIS LURING PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 2 YENDIDORI

  • Suzana A.M. Weyai Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Biak
  • Elizabet Kafiar Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Biak
  • Markus Talu Hurit Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Biak
Keywords: Van Hiele, Berbasis luring, Segiempat

Abstract

Jenis penelitianiniadalahpenelitiankualitatifdenganmenggunakan model pembelajaranmenurutteori Van Hiele berbasis luring (modul) pada siswa SMP Negeri 2 YendidoriDistrikYendidoriKabupaten Biak Numfor. Desain pada penelitianinidenganmenggunakanfasebelajar Van Hiele. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif. Subyekpenelitianiniadalahsiswa-siswikelas VII SMP Negeri 2 Yendidori. Dalam menentukansampelpenelitiandigunakansampeljenuh. Teknik sampling tidakmemberikanpeluang yang samabagisetiapunsur (anggota) populasiuntukdipilihmenjadianggotasampelkarenasemuaanggotapopulasiyaitusiswa-siswikelas VII SMP Negeri 2 Yendidori yang digunakansebagaisampel. Data pada penelitianiniadalahhasilbelajarsiswa yang dikerjakan pada modulberupa LKS maupunlatihan-latihansoal. Sumber data dalampenelitianiniadalahsiswa-siswikelas VII SMP Negeri 2 Yendidori dan orangtua. Teknik pengumpulan data pada penelitianinimenggunakanObservasi dan Wawancara. Teknik analisis yang digunakandalampenelitianini, yaitudenganmenggunakan diagram alur yang meliputireduksi data, penyajian data, dan tahapverifikasi. Pengujiankeabsahan data dilakukandenganmemenuhistandarkonfirmability (Sugiyono, 2016) denganpendekatantriangulasi. Triangulasi pada penelitianinidilakukandenganmengecek data Data Collection Data Reduction Conclusions drawing /Verification Data Display kepadasumber yang samadenganteknik yang berbeda dan triangulasiwaktudilakukandengancaramelakukanwawancara dan observasidalamwaktu dan situasi yang berbeda. Berdasarkanhasilpenelitiansetelahditerapkan model Pembelajaran Van Hiele secara luring terdapatpeningkatanhasilbelajar pada materiSegiempatsiswa-sisiwi SMP Negeri 2 Yendidori.

References

[1] Ude, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Van Hiele UntukMeningkatkan Hasil BelajarSiswa Pada Materi Kubus dan Balok Di Kelas VIII MTs Alkhairaat Pusat Palu. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5, No. 3. hal 1-12
[2] Weyai, Suzana. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil belajarPeserta Didik Denganmenggunakan Model Pembelajaran Van Hiele pada TopikSegiempat Di Kelas XI RPL (RekayasaPerangkat Lunak) SMK Negeri 9 Jayapura TahunAjaran 2017/2018.
Published
2022-04-29
How to Cite
Weyai, S., Kafiar, E., & Hurit, M. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE BERBASIS LURING PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 2 YENDIDORI. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(12), 4171-4178. https://doi.org/10.47492/jip.v2i12.1521
Section
Articles