MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

  • Madinatul Mukholifah Prodi PGSD, STKIP PGRI Pacitan
  • Urip Tisngati Prodi PGSD, STKIP PGRI Pacitan
  • Vit Ardhyantama Prodi PGSD, STKIP PGRI Pacitan
Keywords: Media, Wayang Karakter & Pembelajaran Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) pengembangan media pembelajaran Wayang Karakter pada pembelajaran tematik kelas IV sekolah dasar, (2) efektifitas media pembelajaran wayang karakter pada pembelajaran tematik, dan (3) hasil pengembangan media pembelajaran wayang karakter pada pembelajaran tematik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan desain pengembangan 4D, yaitu define (Pendefinisian), design (Perancangan), develop (Pengembangan), disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 4 pada pembelajaran tematik. Metode pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Diperoleh hasil pertama, penelitian dan pengembangan media pembelajaran Wayang Karakter pada pembelajaran tematik kelas IV sekolah dasar dapat dilakukan dengan menggunakan desain pengembangan 4D. Kedua, media pembelajaran Wayang Karakter telah diuji efektfitasnya melalui uji coba terbatas pada kelompok kecil posttest dengan hasil 78,57%  dan lebih dari 75% siswa tuntas dalam belajar yang berarti media pembelajaran efektif digunakan untuk pembelajaran tematik pada kelas 4 sekolah dasar. Ketiga, hasil pengembangan media pembelajaran wayang karakter diperoleh hasil yang “Baik” pada penilaian ahli materi dengan skor rata-rata keseluruhan 4,00. Penilaian ahli media memperoleh skor rata-rata 4,69 dengan kriteria “Sangat Baik”, dan penilaian ahli pembelajaran dengan skor rata-rata 4,70 dengan kriteria “Sangat Baik”. Pada ujicoba kelompok kecil diperoleh penilaian dengan rerata skor 4,70 termasuk kriteria “Sangat Baik”. Diharapkan media pembelajaran wayang karakter dapat memotivasi guru untuk menggunakan media pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah terutama pada teks bacaan panjang.

References

Rostina, S., 2013, Media Pembelajaran Matematika., Alfabeta, Bandung.

Santyasa, I. W., 2007, Landasan Konseptual Media Pembelajaran, Makalah Disajikan dalam Workshop Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan Pada tanggal 10 Januari 2007 di Banjar Angkan Klungkung.

Taufik, A., dkk, 2011, Pendidikan Anak di SD, Jakarta, Universitas Terbuka.

Darmadi, 2018, Membaca Yuuk...!” Strategi menumbuhkan Minat Baca pada Anak Usia Dini, Guepedia, Bogor.

Oktavianti, R., dan Wiyanto, A., 2014, Pengembangan Media GAYANGHETUM (Gambar Wayang Hewab dan Tumbuhan) dalam Pembelajaran tematik Terintegrasi Kelas IV SD, Mimbar Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 1 April 2014, (hal. 65-70), http://jurnal.upi.edu/mimbar-sekolah-dasar/

Suardi, M., 2018, Belajar dan Pembelajaran, Deepublish, Yogyakarta.

Utami, B., dkk, 2009, Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme dalam Pembelajaran Kimia di SMU, Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia, https://www.researchgate.net/publication/322251826_PENERAPAN_PEMBELAJARAN_KONSTRUKTIVISME_DALAM_PEMBELAJARAN_KIMIA_DI_SMU.

Hernawan, A. H., dkk, 2014, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Universitas Terbuka, Jakarta.

Arsyad, A., 2011, Media Pembelajaran, PT. Raja Grafindo Persad, Jakarta.

rison, S., Grundy, B. C., 1998, Clinical Guidlines on the identification, evaluation, and treatment of overweight and obesity in adults, Journal of National Institutes of Health, No.3, Vol.4, 123-130, :http://journals.lww.com/acsm-msse/Abstract/1998/11001/paper_treatment_of_obesity.pdf.

Muhson, A., 2010, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No. 2 –Tahun 2010, Hlm. 1 – 10. https://www.researchgate.net/publication/296704617.

Ibda, H., 2017, Media Pembelajaran Berbasis Wayang: Konsep dan Aplikasi, CV. Pilar Nusantar, Wonogiri.

Sulistyobudi, N., 2014, Budaya Wayang: Kelestarian dan Tantangannya ke Depan, Jurnal Jantra, Vol. 9, No. 2, Desember 2014, http://jantra@bpnb-jogja.info

Semmel (1974: 5). Thiagarajan S., Semmel D., & Semmel M. I., 1974, Intructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children: A Sourcebook. Minneapolis: Central for Innovation on Teaching the Handicaped.

Purwanto, 2013. Evaluasi Hasil Belajar, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Published
2020-08-25
How to Cite
Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673-682. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152
Section
Articles