DIGITAL GOVERNMENT DALAM PELAYANAN KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SAKEDAP DI KABUPATEN BANDUNG

  • Nadiya Asyri Nur Fadillah Jurusan Administrasi Publik, FakultasIlmuSosial dan IlmuPolitik, UIN Sunan GunungDjati Bandung
  • Rahayu Kusumadewi Jurusan Administrasi Publik, FakultasIlmuSosial dan IlmuPolitik, UIN Sunan GunungDjati Bandung
  • Nanang Suparman Jurusan Administrasi Publik, FakultasIlmuSosial dan IlmuPolitik, UIN Sunan GunungDjati Bandung
Keywords: Digital Government, PelayananKependudukan, SAKEDAP.

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmenganalisispenerapandigital governmentdalampelayanankependudukanmelaluiaplikasi SAKEDAP (SistemPelayananKependudukanTerpadu) di Kabupaten Bandung. Metode yang digunakandalampenelitianiniyaitupendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukanmelaluiobservasi, wawancarasecaramendalamkepadainforman, sertadokumentasi. Hasil penelitianinimenunjukanbahwapenerapandigital governmentdalampelayanankependudukanmelaluiaplikasi SAKEDAP sudahterbilangefektifkarenadapatmemangkaswaktu dan biaya proses permohonandokumen, meningkatkanpelayankepadamasyarakat, sertadapatmenghindaripraktekpungutan liar dan percaloan. Akan tetapipenerapannyabelumsepenuhnya optimal karenamasihditemukanbeberapahambatansepertikurangnya SDM yang bertugasdalammengelola proses pelayanankependudukan. Selain itu, karenaKabupaten Bandung merupakankabupatendenganjumlahpendudukterbanyakke 2 se Jawa Barat, jadimasihbanyakmasyarakat yang belumtahu dan belummemahamiaplikasi SAKEDAP karenasosialisasi yang dilakukanmasihkurang dan belummeratakhususnya di daerah-daerahterpencil yang ada di Kabupaten Bandung.

References

Bahtiar, R., Myrna, R., & Susanti, E. (2021). Digital Government Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Aplikasi SAMSAT Mobile Jawa Barat (SAMBARA) di Jawa Barat. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 7(2), 230–253. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/kolaborasi
[2] BBCOM. (2021). Alami Peningkatan Layanan, Disdukcapil Kab Bandung Lakukan Pelayanan Online. https://bandungberita.com/alami-peningkatan-layanan-disdukcapil-kab-bandung-lakukan-pelayanan-online/#.YX1fy2DMLIV
[3] casip.bandungkab.go.id. (n.d.). Alur Pengaduan Masyarakat. https://www.casip.bandungkab.go.id/article/alur-pengaduan-masyarakat
[4] casip.bandungkab.go.id. (2021). SAKEDAP (Sistem Pelayanan Kependudukan Terpadu).
[5] Creswell. (2015). Penelitian Kualitatif &Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan.
[6] Creswell. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif Kuantitatif dan Campuran. Thousand Oaks, California:
[7] Cristianingsih, E. (2020). Implementasi Kebijakan Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi, 12(2). http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jimia/article/view/329
[8] Fajar, et al. (2018). E-PARTICIPATION MELALUI IMPLEMENTASI PROGRAM PESAN SINGKAT PENDUDUK (PESDUK). Penelitian Komunikasi, 21.
[9] Hadiyanti, A. I. (2021). APLIKASI SAKEDAP (SISTEM PELAYANAN KEPENDUDUKAN TERPADU). https://www.babakan-ciparay.desa.id/artikel/2021/4/19/aplikasi-sakedap-sistem-pelayanan-kependudukan-terpadu
[10] Jdih.bandungkab. (n.d.). PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANDUNG NOMOR 12 TAHUN 2014. https://jdih.bandungkab.go.id/wp-content/uploads/2014/01/Perda-no-12.pdf
[11] Kominfo. (2020). Hasil Survei PBB, e-Government Indonesia Naik Peringkat. https://www.kominfo.go.id/content/detail/30024/hasil-survei-pbb-e-government-indonesia-naik-peringkat/0/artikel
[12] Lee, J., Kim, B. J., Park, S. J., Park, S., & Oh, K. (2018). Proposing a value-based digital government model: Toward broadening sustainability and public participation. Sustainability (Switzerland), 10(9). https://doi.org/10.3390/su10093078
[13] Obi, T., & Iwasaki, N. (2020). The15th WASEDA International Digital Government Rankings Report. Institute of Digital Government at Waseda University. https://idg-waseda.jp/pdf/WASEDA_Digital_Government_Ranking_2019_2020.pdf
[14] OECD. (2020). OECD Digital Kebijakan pemerintah Kerangka: Enam dimensi dari Pemerintah Digital.
[15] Purwanti, Y. (2021). INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SELESAI DALAM GENGGAMAN (SALAMAN) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG. http://repository.unpas.ac.id/53170/
[16] Radar Bandung.id. (2021). 31 Desa Di Kabupaten Bandung Terima Mesin ADM. https://www.radarbandung.id/2021/12/23/31-desa-di-kabupaten-bandung-terima-mesin-adm/
[17] Rohman, H. (2020). Indonesia’s vision for digital government in 2025. https://govinsider.asia/inclusive-gov/indonesia-digital-government-bappenas-joko-widodo/
[18] Soraya, T. (2019). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Online di Kabupaten Pati. Astuti, Puji, 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/viewFile/25018/22273
[19] Suparman, M. (2019). Pelayanan Publik Kontemporer.
Published
2022-04-29
How to Cite
Fadillah, N., Kusumadewi, R., & Suparman, N. (2022). DIGITAL GOVERNMENT DALAM PELAYANAN KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SAKEDAP DI KABUPATEN BANDUNG. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(12), 4067-4082. https://doi.org/10.47492/jip.v2i12.1514
Section
Articles