STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH TERHADAP PENJUALAN SARUNG TENUN KHAS BUTON

  • Hastuti Hastuti JurusanManajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau Sulawesi Tenggara 93728, Indonesia
Keywords: Strategi, Pemberdayaan, Usaha Mikro Kecil Dan Menengah& SWOT

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahui Strategi Pemberdayaanusahamikrokecil dan menengahterhadappenjualansarungtenunkhas Buton. Objekpenelitianiniadalahusahamikrokecil dan menengah di KelurahanSulaaKecamatanBetoambari Kota Baubau. Dalam penelitianinimenggunakanmetodekualitatif, denganpendekatanmenggunakanAnalisis SWOT. Teknik pengumpulan data dilakukandenganmetodeobservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitianinibahwapengrajinmemperoleh modal dariduasumberyakni modal mandiri dan modal kerjasama, kelemahanpara Pengrajinkaintenunkhas Buton yaitukekuranganwadahatausarana pasar yang tidakluas, opportunitiataufaktorpeluang, ketersediaansumberdayamanusiasudahada dan faktorancaman yang bersifatekternalbagiperkembanganpenjualansarungtenunkhas Buton adalahadanyasarungtenunkhas Buton yang palsu. Strategi meningkatkanpenjualansarungtenunkhasbutonmenggunakan media sosialsesuaidenganperkembanganteknologi dan zaman.

References

[1] Ariwibowo, P. (2017). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Pengentasan Kemiskinan dan Pembangunan Perekonomian di Indonesia. JABE (Journal of Applied Business and …, 173–183. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/JABE/article/view/1398/1111
[2] Latisia, S. (2019). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Kediri. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 1(2), 62–75. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v1i2.202
[3] Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Jakarta: Prenadamedia Group.
[4] Hendro, I. (2011). Dasar-dasarkewirausahaan. Jakarta: PenerbitErlangga.
[5] Jatmiko, RammadDwi. 2003. ManajemenStratejik. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
[6] Maulana, H. A., Niaga, J. A., & Bengkalis, P. N. (2021). JMK ( Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan ) Lejo Sebauk pada Masa Pandemi COVID-19. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 6(1), 11–25. https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/ManajemenKewirausahaan/index
[7] Nugroho, Trilaksono. (2007) Paradigma, Model, Pendekatan Pembangunan, dan Pemberdayaan Masyarakat di Era Otonomi Daerah. Malang, FIA. Universitas Brawijaya.
[8] Rochjadi Hafiluddin, M., & Saleh, C. (2014). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis “Community Based Economic Development” (Studi pada pelaku UMKM di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo). Wacana, Sosial Dan Humaniora, 17(2), 68–77. https://wacana.ub.ac.id/index.php/wacana/article/view/305/255
[9] Sunariani, N. N., Suryadinata, A. O., & Mahaputra, I. I. R. (2017). Pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) melalui program binaan di provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1–20.
[10] Undang-UndangNomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
Published
2022-04-29
How to Cite
Hastuti, H. (2022). STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH TERHADAP PENJUALAN SARUNG TENUN KHAS BUTON. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(12), 4037-4046. https://doi.org/10.47492/jip.v2i12.1506
Section
Articles