ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP CASHBACK DI SHOPEE

  • Febia Nisaul Chamsa Hukum Ekonomi Syariah,UIN Raden Mas Said Surakarta
Keywords: Cashback; Hukum Cashback; Pelanggan

Abstract

Cashback merupakanpenawaranbagi costumer berupapoin digital atau uang digital yang akandiberikankepada costumer jikatelahmembelisebuahbarangdaripenjualdengankesepakatanbersama. Penelitian yang digunakanadalahpenelitiankualitatif dan pendekatanfiqih. Penelitiantersebutbertujuan untukmenghindarisuatutransaksi yang bertentangandenganhukum Islam. Cashback merupakantipuan marketing dengantujuanmenarikpelanggan, cashback termasukdalamkhiyaarghabn. Fungsikhiyardalamhukumislamialahjikaseseorangmelakukanjualbelidapatmemikirikandampak yang ditimbulkankedepannyasupayatidakadapenyesalandikemudianhari. Khiyaarghabndiperbolehkan oleh ulama Hanafiyahjikatipuannya (ghabn) mengandungbujukan (taghrir). Jadi, cashback dibolehkankarenasebuahtipuanuntukmembujukpelanggan di shopee. pelanggan di shopee. Dinyatakandalam al-Ikhtiyarat, Boleh membuatkesepakatanpotonganpembayarancicilan yang dan inimerupakanpendapat Imam Ahmad dalamsaturiwayat dan satuketerangandari Imam as-Syafi’i. Alasan IbnulQoyim yang membolehkanhaltersebut, karenakesepakataninikebalikandaririba. Dalam transaksiriba, waktupelunasannyaditambah dan nilai utang dinaikkan.Ulama yang mengharamkankesepakatanini, meng-qiyas-kankesepakataninidenganriba. Padahal sangat jelasperbedaanantara orang mengatakan, “Lunasi sekarangatauditunda dan adaribanya.” dengan orang mengatakan, “Lunasi segera, nantisayakasihpotongan 100rb.” Bagaimanainibisadisamakan. Sehinggatidakadadalil yang menunjukkanharamnya, tidak pula ijma’, maupun qiyas yang shahih. Cashback dibolehkankarenatidakmengandungriba dan termasukdalamkhiyargabhn.

References

[1] Ad-Dimasyqi, M. I. A. R. FiqihEmpatMazhab, terj. Alkaf, A. Z. (2015) Bandung: Hasyimi
[2] Al-Quran Terjemahan. (2015). Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah
[3] Ammi Nur Baits, Hukum Cashback dalamTransaksi, https://konsultasisyariah.com/29485-hukum-cashback-dalam-transaksi.html. Diakses pada tanggal 2 Juni 2021
[4] Arikunto, S. (2014). ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran.
[5] Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) No. 85 Tahun 2012 tentangJanji (Wa’d) dalamTransaksiKeuangan dan Bisnis Syariah
[6] Hidayat, E., (2015). Fiqh Jual Beli. Bandung: Rosda.
[7] Hilal, S. (2013). Qawâ ‘Id FiqhiyyahFurû ‘IyyahSebagaiSumber Hukum Islam. Al-'Adalah, 11(2), 141-154.
[8] Karim, A. A., &Sahroni, O. (2015). Riba, Gharar dan Kaidah-kaidah Ekonomi Syariah AnalisisFikih& Ekonomi. Jakarta: Rajawali Pers.
[9] Kotler, P. & Kevin, K. L. (2007). ManajemenPemasaran. Indonesia: Indeks. Ed. 12, Jilid 1.
[10] Mubarok, J. (2017). FikihMu'amalahMaliyyahAkad Ijarah dan Ju'alah. SimbiosaRekatama Media.
[11] Mufarrikh, F., Muthoifin, M. A., &Rosyadi, I. (2018). Pemikiran Muhammad Bin Shalih Al-UtsaiminTentang Pendidikan Islam (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
[12] Romdhon, M. R. (2015). Jual Beli Online menurutMadzhabAsy-Syafi'i. Pustaka Cipasung.
[13] Soekanto, S., &Mamudji, S. (2001). Penelitian Hukum Normatif: SuatuTinjauanSingkat, Edisi 1, Cet. V, Jakarta: PT RajaGrafindoPersada.
[14] Susilo, H., Rosyadi, I., &Muthoifin, M. A. (2017). ShifatushShalat Al-FiliyahBainalIkhtiyarat Al-Fiqhiyah Li Asy-Syaikh Muhammad Bin Shalih Al-UtsaiminWaBainalQoul Al-Mutamad Fil MadzhabAsy-Syafii. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
[15] Swastha, B. (1999). Irawan. ManajemenPemasaran Modern,.Edisi 2. Liberty, Yogyakarta.
[16] Wahbah, Z., & Islam, F. (2011). terjemahan Abdul Hayyie al-Khattani. Fiqh Islam waAdillatuhu, Jakarta, GemaInsani.
[17] Zainuddin S. dan Cahya, N. Pengaruh Promo Penjualan dan Cashback terhadap Minat Beli Kendaraan, 2(2), 1-19.
Published
2022-04-29
How to Cite
Chamsa, F. (2022). ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP CASHBACK DI SHOPEE. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(12), 3887-3898. https://doi.org/10.47492/jip.v2i12.1491
Section
Articles