PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA DALAM MEMILIH RUMAH TAHFIDZ QUR’AN

  • Betty Leindarita STIE Pembangunan Tanjungpinang, Kota Tanjungpinang
Keywords: Product, Price, Place, Promotion, People, Procces, Physical Evidence dan Pengambilan Keputusan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah product, price, place, promotion, people, procces, dan physical evidence berpengaruh terhadap keputusan orang tua memilih rumah Tahfidz Ahlul Qur’an Kota Tanjungpinang. Metode Penelitian Kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 81 responden dengan menggunakan teknik sampel non-probability sampling yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan menggunakan Kuesioner. Uji Regresi Berganda Uji t Uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa product, price, place, promotion, people, procces, dan physical evidence berpengaruh terhadap pengambilan keputusan orang tua dalam memilih Rumah Tahfidz Ahlul Qur’an Kota Tanjungpinang. Dengan adanya karakter perilaku bauran pemasaran akan membuat konsumen menghabiskan waktunya dalam pengambilan keputusan dan keterlibatan konsumen dalam product, price, place, promotion, people, procces, dan physical evidence akan lebih tinggi konsumen tersebut dalam melakukan pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa product, place, people, procces dan physical evidence berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap pengambilan keputusan orang tua dalam memilih Rumah Tahfidz Ahlul Qur’an Kota Tanjungpinang, sedangkan price, promotion tidak berpengaruh secara parsial dan ditolak.

References

[1] Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
[2] Wijayanti, T. (2018). Marketing Plan! Dalam Bisnis (3rd ed.). Elex, PT Komputindo, Media
[3] Amalia, A. (2016). Perencana Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Bauran Pemasaran dan SWOT Pada Perusahaan Popsy.
[4] Mardiasih, T. S. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dipasar.
[5] Permatasari, A. O. (2019). Pengaruh Marketing Mix (7P0 Terhadap Pengambilan Keputusan Orang Tua Memilih Sekolah Berbasis Tahfidz Al-Qur'an (Studi Pada SMP Al-Qur'an An-Nawawiy Mojokerto).
[6] Aris, D. J. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap keputusan pembelian produk saka bistro dan bar. Jurnal E-Proceeding of Management Vol.4, No.1 April 2017.
[7] Suratman, W. S. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Berkunjung.
[8] Hanggraito, W. S. (2020). Alternatif Strategi Bauran Pemasaran 7P Museum Batik Yogyakarta.
[9] Wijaya, A. E. (2018). Pengaruh Service Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Pada PT. Bank Mayapada Internasional TBK Cabang A.Yani Pekanbaru.
[10] Firmansyah, Z. F. (2013). Aplikasi People, Process, dan Physycal Evidence di PT Bank Syariah Mandiri Singosari.
[11] Narti, S. R. (2019). Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Dengan Metode AHP.
[12] Yulianingsih, S. A. (2018). Pengaruh Experiental Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Nexa Hotel Bandung Tahun 2018).
[13] Dwinanda, N. G. (2020). Bauran Pemasaran 7P Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Retail Giant Ekspres Makassar.
[14] Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen "Best Autoworks".
[15] Maramis, S. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado.
[16] Karowa, S. A. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado).
[17] Gustiani, S. H. (2019). Kualitas Pelayanan Kualitas Pelayanan dan Lokasi Pemasangan Iklan Media Outdoor Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan.
[18] Sitanggang, S. M. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Sepeda Motor Merek Swallow Pada PT. Industri Karret Deli Medan.
[19] Souar, M. A. (2015). The Impact Of Marketing Mix Elements On Customer Loyalty For An Algerian Telecommunication Company.
[20] Iffan, S. R. (2018). Pengaruh Proses dan Bukti Fisik Terhadap Kepuasan Konsumen di Hotel Santika Bandung.
[21] Anjani, I. W. (2018). Relationship Of 7P Marketing Mix and Consumers Loyalty In Traditional Markets.
Published
2022-04-22
How to Cite
Leindarita, B. (2022). PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA DALAM MEMILIH RUMAH TAHFIDZ QUR’AN. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3589-3598. https://doi.org/10.47492/jip.v2i11.1464
Section
Articles