EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA WEB PJJ MATA PELAJARAN TIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 JAMPANGKULON

  • Muhammad Iqbal Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Heni Wulandari Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Thariq Aziz Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Efektivitas, Media Web, Pembelajaran Daring, TIK

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran daring dengan meggunakan media WEB yang belum maksimal di sekolah atau guru yang hanya memberikan tugas tanpa menjelaskan materinya kepada siswa akan berdampak pada siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring menggunakan media web PJJ mata pelajaran TIK selama pandemi covid-19 di SMAN 1 Jampangkulon. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah: Wakasek Kurikulum, Guru Pengembang WEB PJJ dan Siswa. Objek penelitian ini adalah Media Pembelajaran WEB PJJ (E-learing) dilakukan di rumah. Prosedur pengumpulan data digunakan oleh peneliti yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Peneliti menggunakan analisis data dengan model Miles dan Huberman yaitu melalui beberapa proses yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran daring menggunakan media web PJJ mata pelajaran TIK selama pandemi Covid-19 di SMAN 1 Jampangkulon efektif karena telah mencapai indikator yang peneliti terapkan sebagai pencapaian sebagai  ukuran penelitian dengan di tambahnya nilai PTS TIK

References

[1] Agustina, M. 2013. Pemanfaatan E-learning sebagai Media Pembelajaran.
[2] Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. 2020. Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform.
[3] Ardiansyah Fitriyna, R. 2017. NALISIS SEMIOTIKA PADA LOGO BRAND PHILLIP WORKS DI KOTA BANDUNG.
[4] Bilfaqih, Yusuf. 2015. Esesnsi Pengembangan Pembelajaran Daring.Yogyakarta:
Deepublish.
[5] Chabibie, M. Hasan, Wildan Hakim. 2016. Pengaruh Penerimaan Teknologi
dengan Kebergunaan Web: Studi Kasus Portal Rumah Belajar Kemendikbud. ULTIMACOMM. 8 (1): 37-59
[6] Chandrawati S, R. 2010. Pemanfaatan E-leaning dalam Pembelajaran. Vol, No 2.
[7] Deassy May Andini dan Endang Supardi. 2018. Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1, No. 2, hal. 1-7.
[8] Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During
[9] Iwan F. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Edisi 1 No. 4, Oktober – Desember 2014, p.104-117. Jakarta Timur.
[10] Nur, G, D, L. 2014. Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di SMPN 1 Panumbangan Ciamis.
[11] Nuriansyah Fazar. 2020. EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI SAAT AWAL PANDEMI COVID-19. Vol 1, No 2.
[12] Rosmita. 2020. SKRIPSI. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING (STUDI KASUS HASILBELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 9 TANJUNG JABUNG TIMUR. Universitas Jambi
[13] Sari W, Rifki M, A, & Karmila M. ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN TERKAIT IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA.
[14] Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung:
Alfabeta.
[15] Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.
Published
2022-04-29
How to Cite
Iqbal, M., Wulandari, H., & Aziz, T. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA WEB PJJ MATA PELAJARAN TIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 JAMPANGKULON. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(12), 3939-3952. https://doi.org/10.47492/jip.v2i12.1428
Section
Articles