PENGEMBANGAN SYSTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIK UNTUK MENCIPTAKAN SEORANG PENDIDIK YANG PROFESSIONAL

  • M. Nugroho Adi Saputro Mahasiswa Program Pascasarjana Studi Manajemen Pendidikan Islam Univesitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Bachtiar Hadi Mahasiswa Program Pascasarjana Studi Manajemen Pendidikan Islam Univesitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Pengembangan Penjaminan Mutu, Pendidik.

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk 1)menilisik pengembangan system penjaminan mutu pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidik 2) peran penjaminan mutu pendidikan dalam lembaga pendidikan dan 3) memahami esensi system penjaminan mutu pendidikan serta output yang ditawarkan oleh penjaminan mutu. Adapun metode dalam penulisan artikel ini menggunakan studi litelatur. Hasil dari penelitian ini adalah 1) pengembangan penjaminan mutu dalam suatu organisasi bisa dikatakan sebagai ruh dalam sebuah organisasi, termasuk pendidikan.  khususnya seorang pendidik yang memiliki peranan penting sebagai penggerak utama. Pengembangan dari system penjaminan mutu terkhusus pendidik dapat diarahkan kepada pembangunan konsep pendidik professional yang lebih luas 2) sistem penjaminan mutu dapat dikatakan sebagai suatu instrumen metodologis yang digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan dianggap mampu menyelesaikan persoalan-persoalan pendidikan. 3)  esensi dari penjaminan mutu ialah mutu itu sendiri, sedangkan yang menjadi tolak ukur adalah pelanggan sebagai focus utama dari penjaminan mutu, sedangkan output yang ditawarkan ialah produk atau pun jasa yang tentunya sesuai dengan pemangku kepentingan atas produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga kemudian dengan konsep pendidik professional yang tawarkan lebih mengarah pada pandangan yang lebih luas dengan menuntut keprofesionalan secara totalitas bukan hanya sekedar syarat. Meskipun terlihat samar sama, namun sejatinya konsep keprofesionalan ini memaparkan tingkat kejelasan yang lebih berarti yakni dengan memiliki jiwa pendidik sebagai landasan utamanya.

References

[1] Ainiyah, Nur. “Identitas Diri dan Makna Guru Profesional sebagai Komunikator Pendidikan (Perspektif Fenomenologis).” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 1, no. 1 (2 Oktober 2016): 1–20. https://doi.org/10.35316/jpii.v1i1.32.
[2] Arifin, Zaenal. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, t.t.
[3] Darmaji, Achmad Supriyanto, dan Agus Timan. “Sistem Penjaminan Mutu Internalsekolah Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan.” Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan 3, no. 3 (28 Juli 2019): 130–36. https://doi.org/10.17977/um025v3i32019p130.
[4] Dewi, Yunita Kumala, Yovitha Juliejantiningsih, dan Nurkolis Nurkolis. “Implementasi Iso 9001:2015 Dalam Penjaminan Mutu Smp Negeri 2 Kabupaten Demak.” Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) 9, no. 1 (1 Oktober 2020). https://doi.org/10.26877/jmp.v9i1.6833.
[5] Fanani, Moh Zainal. “Implementasi Iso 9001:2008 Dalam Mengembangkan Budaya Mutu Madrasah.” Jurnal Realita 15, no. 2 (2017): 26.
[6] “Focused Short Course Data Management Training for Targeted Provincial Quality Assurance Institutions (LPMPs) staff members.” Sekolah Pasca Sarjana UPI dan AUSAID, 2010.
[7] Hadi, Abdul. “Konsepsi Manajemen Mutu Dalam Pendidikan.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 2, no. 2 (31 Desember 2018): 269. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i2.5260.
[8] Haryono, dan Budiyono, dkk. “Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang.” Jurnal PANJAR 1, no. 1 (2019). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/panjar/.
[9] H.M Arifin. Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Pengarahan Agama. Jakarta: Citra Mandala Pratama, 1998.
[10] Indana, Nurul. “Implementasi Total Quality Management (Tqm) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Di Mts Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng).” Jurnal Al-Idaroh 1, no. 1 (2017): 25.
[11] Koswara, Koswara, dan Rasto Rasto. “Kompetensi Dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1, no. 1 (18 Agustus 2016): 61. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3269.
[12] Kusnandi. “Konsep Dasar Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan: Sebagai Review Kebijakan Mutu Pendidikan.” Jurnal IJEMAR 1, no. 1 (Desember 2017).
[13] Latif, Muhammad Abdul, Erni Munastiwi, Deska Puspita, dan Adinda Putri Amanah. “ANALISIS TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA PENDIRIAN TK ISLAM TERPADU MUTIARA PLUS BANGUNTAPAN.” AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak 6, no. 2 (30 September 2020): 301. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i2.5783.
[14] Lisna, Ade, dan Erni Munastiwi. “PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU” 5, no. 1 (2020): 6.
[15] Maragustam. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga, 2018.
[16] Mariana, I Made Alit, dan et. al. Anatomi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan :Refleksi Pengelolaan Pendidikan di Bali. Denpasar: LPMP Provinsi Bali, 2013.
[17] Mufidah, Luk-Luk Nur. “Aktualisasi Tqm Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Tadris 4, no. 1 (2009): 15.
[18] Mulyani, Fitri. “Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam).” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 03, no. 01 (2009): 8.
[19] Mulyono. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2008.
[20] Munir, Miftahul. “Keberadaan Total Quality Management Dalam Lembaga Pendidikan (Antara Prinsip Implementasi dan Pilar TQM Dalam Pendidikan).” Jurnal Realita 16, no. 1 (2018). https://doi.org/10.21154/altahrir.v17i1.880.
[21] Mustofa, -. “Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia.” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 4, no. 1 (29 Februari 2012). https://doi.org/10.21831/jep.v4i1.619.
[22] Nurhuda, Mochamad. “Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM-PT) Di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) 1, no. 1 (6 Agustus 2018): 32–60. https://doi.org/10.33367/ijies.v1i1.518.
[23] “Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasioanal Pendidikan,” t.t.
[24] Permana, Nana Surya. “Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Dengan Kompetensi dan Sertifikasi Guru.” Studia Didaktika : Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11, no. 1 (2017): 8.
[25] Prayoga, Ari, dan Azhar Lujjatul W et al. “Implementasi Penjaminan Mutu Madrasah.” Jurnal Murobbi 3, no. 1 (2019): 70–84.
[26] Putro Widoyoko, Eko. “Peranan Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Dalam Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Sertifikasi Guru, 9. Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2008.
[27] Roskina Mas, Sitti. Pengelolaan Penjaminan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: ZAHIR publishing, 2017.
[28] Rusdiana. Pengembangan Organisasi Lembaga Pendidikan. 1. Bandung: PUSTAKA SETIA, 2016.
[29] Sonhadji K. Hasan, Ahmad. “Penerapan Total Quality Management dan ISO 9000 dalam Pendidikan Teknik.” Jurnal Ilmu Pendidikan 6, no. 1 (1999).
[30] Sridana, Nyoman, Sudirman Wilian, dan Dadi Setiadi. “Sistem Penjaminan Mutu Internal Di Satuan Pendidikan Menengah (SMA).” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 1, no. 1 (22 Desember 2018). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i1.212.
[31] Suwarno, -. “Peran Guru dalam Keberhasilan Implementasi Kurikulum 2004.” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 2, no. 1 (2 Maret 2012). https://doi.org/10.21831/jep.v2i1.656.
[32] Taher, Sartika M, dan Erni Munastiwi. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta.” . . Juni 4, no. 2 (2019): 16.
[33] “Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen,” t.t.
[34] Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter: Srategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. 1 ed. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR, 2012.
Wiryokusumo, Iskandar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bina Aksara, 1982.
[35] https://www.kompasiana.com/yunitamn/54f99080a3331140548b496d/penyebab-rendahnya-mutu-pendidikan-di-indonesia
[36] https://malangtimes.com/baca/46876/20191206/090800/kualitas-pendidikan-indonesia-peringkat-5-asean-warganet-20-tahun-reformasi-masih-kalah-dengan-malaysia-miris-jiwa
[37] https://mahasiswaindonesia.id/rendahnya-kualitas-pendidikan/
Published
2022-03-30
How to Cite
Saputro, M. N. A., & Hadi, B. (2022). PENGEMBANGAN SYSTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIK UNTUK MENCIPTAKAN SEORANG PENDIDIK YANG PROFESSIONAL. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(11), 3745-3764. https://doi.org/10.47492/jip.v2i11.1418
Section
Articles