PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MEDIA KLIPING KORAN DALAM PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR

  • Pifa Arita Lakapu Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor
Keywords: Ilmu Pengetahuan Sosial, Media Kliping Koran & Keterampilan Berpikir Kritis.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pada saat observasi yaitu pembelajaran yang  tidak memberikan akses bagi siswa untuk berkembang secara mandiri melalui proses berpikirnya, sehingga siswa menjadi pasif. Selain itu, sumber belajar yang digunakan oleh guru kurang tepat karena materinya kurang sesuai dengan Standar Kompetensi sehingga siswa sulit memahami materi  yang disampaikan guru. Maka dari itu, peneliti ingin meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui media kliping koran dengan tujuan untuk memberikan akses bagi siswa berkembang secara mandiri melalui proses berpikirnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Dilakukan melalui tiga siklus yang setiap siklus memuat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa serta indikator keterampilan berpikir kritis dan lembar tes keterampilan berpikir kritis. Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif dengan cara mencari nilai persentase keberhasil dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru selama pembelajaran mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan persentase  ketuntasan 77,5 %  pada siklus I. 87 % pada siklus II. 91,25 pada siklus III. Aktivitas siswa mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan persentase ketuntasan 63,75 % pada siklus I. 82,5 % pada siklus II. 90 % pada siklus III. Tes keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan selama tiga siklus dengan persentase ketuntasan 63,5 % pada siklus I. 77,5 % pada siklus II dan 85,2 % pada siklus III. Respon siswa menunjukkan siswa merasa senang karena klipingnya menarik dan mudah dipahami. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media kliping koran dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS Sekolah Dasar.

Published
2020-08-25
How to Cite
Lakapu, P. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MEDIA KLIPING KORAN DALAM PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 725-738. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.140
Section
Articles