UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi dengan metode pembelajaran inquiri. Metode pembelajaran inquiri adalah cara penyampaian bahan pengajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar mengembangkan potensi intelektualnya dalam jalinan kegiatan yang disusunnya sendiri untuk menemukan sesuatu sebagai jawaban yang menyakinkan terhadap permasalahan yang dihadapkan kepada melalui proses pelacakan data dan informasi serta pemikiran yang logis, kritis dan sistematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian Library Research yang dilaksanakan di perpustakaan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara analisis kuantitatif untuk menghitung presentase ketuntasannya. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari ketiga penelitian bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap jurnalnya. Data dari sampel 3 buah skripsi yang diteliti oleh Ummu Arifah R, Muhammad Fadli Syahputra dan M.Yusril, diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,47. Kesimpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi.
References
[2] Mansur, R. (2018). Belajar jalan perubahan menuju kemajuan. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).
[3] Muhammad Fadli Syahputra. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menerapkan Pembelajaran Inquiri Pada Siswa Kelas X SMA PAB 9 Patumbak TA.2019/2020. Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan.
[4] M. Yusril. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA IT Wahdah Islamiyyah Makassar TA.2020. Universitas Negeri Makassar https://core.ac. uk/download/pdf/286697535.pdf .
[5] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
[6] Tukiran Taniredja, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
[7] Ummu Arifah R. 2015. Penerapan Inquiri Dengan Media Peralatan Kantor Dalam Meningkatkan Belajar Siswa Di SMK Yaspi Labuhan Deli Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan.
[8] W Gulo Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Grasindo 2002), h.71.
Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.