PENINGKATAN KERJASAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA FISIKA SEKOLAH

  • Indica Yona Okyranida Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: Kerjasama, Model Pembelajaran, Proyek, Istilah A, Kapita Selekta Fisika

Abstract

Penelitian ini merupakan PTK (Penelitian Tindak Kelas) yang diterapkan pada mahasiswa semester 5 tahun ajaran 2021/2022 dengan mata kuliah kapita selekta fisika sekolah. Rendahanya tingkat kerjasama mahasiswa pada pelaksanaan pembelajaran daring memicu sikap individualis antar sesama yang menyebabkan rendahnya kemampuan mahasiaswa dalam menerima materi pembelajaran. Pengambilan data menggunakan observasi dan angket. Pembelajaran proyek yang dilakukan pada penelitian ini mampu memberikan solusi akan hal tersebut, peningkatan hasil Kerjasama mahasiswa pada siklus I dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 64,09 (Siklus I) dan 81,09 (Siklus II), meskipun dilakukan pembelajaran secara daring. Interaksi dalam bekerjasama antar mahasiswa sangat diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

References

Zhafira, N.H., Ertika, Y. and Chairiyaton, C., 2020. Persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).
[2] Kristanti, Y.D. and Subiki, S., 2017. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), pp.122-128.
[3] Warso, Agus Wasisto Dwi Doso. 2013. Publikasi Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Cendekia
[4] Mulyana, A., 2020. PENGERTIAN DAN SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PBP). JELAJAH INFORMASI.
[5] Okyranida, I.Y., 2015. Pembelajaran Fisika Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Metode Eksperimen dan Metode Proyek Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Abstrak dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Cahaya SMP/MTs Kelas VIII (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
[6] Latifah, E. and Kuswanto, H., 2018. Pengembangan Blog sebagai Media Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), pp.93-104.
[7] Zaturrahmi, Z., Hamdi, H. and Ratnawulan, R., 2017. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbasis proyek membuat alat eksperimen sederhana untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kompetensi fisika siswa di kelas XI TKR SMK Adzkia Padang. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(2).
[8] Novianto, N.K., Masykuri, M. and Sukarmin, S., 2018. Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis proyek (project based learning) pada materi fluida statis untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas X SMA/MA. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), pp.81-92.
Published
2022-03-30
How to Cite
Okyranida, I. Y. (2022). PENINGKATAN KERJASAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA FISIKA SEKOLAH. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(11), 3567-3572. https://doi.org/10.47492/jip.v2i11.1394
Section
Articles