ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS (QUALITY CONTROL) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK (STUDI KASUS RUMAH PRODUKSI TEMPE AZAKI)

  • Fadhlirrobbi Fadhlirrobbi Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Andi Sopiandi Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Lia Suliah Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Savitri Savitri Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Erry Sunarya Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Pengendalian Kualitas, Kualitas Produk

Abstract

Pengendalian Kualitas yang dilakukan pada rumah produksi tempe azaki, Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengendalian kualitas yang dilakukan dimulai dari penerimaan barang datang, proses produksi, dan pelepasan produk(pemasaran) sudah berjalan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang sudah ditetapkan pada tim quality control/ untuk meningkatkan kualitas produk tempe azaki. Pengendalian kualitas pada proses produksi dapat menjaga kualitas tempe yang diproduksi. Penelitian ini dilakukan melalui studi lapangan untuk melihat proses produksi serta wawancara untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan metode statistika dan pengendalian kualitas. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa kegagalan produk hampir 0% atau nihil karena metode produksi yang diterapkan menggunakan pengendalian kualitas yang ketat.

References

[1] Mahmudah, Heny, 2016, Pengarush Strategi Operasional Terhadap Volume Pendualan Pada CV. Akbar, Jurnal Ekbis, Lamongan.
[2] Norawati, Zulher, 2019 Analisis Pengendalian Mutu Produk Roti Manis Dengan Metode Statistical Proccess Control ( SPC ) Pada KamparBakery Bangkinang, Menara Ekonomi, Riau
[3] Zenia, Agus, 2018, Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Teh Botol Sosro, Junal Ilmu Administrasi Bisnis, Semarang.
Published
2022-02-28
How to Cite
Fadhlirrobbi, F., Sopiandi, A., Suliah, L., Savitri, S., & Sunarya, E. (2022). ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS (QUALITY CONTROL) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK (STUDI KASUS RUMAH PRODUKSI TEMPE AZAKI). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3269-3272. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1354
Section
Articles