IDENTIFIKASI RUTE TEMATIK KOMUNITAS BANDUNG SKETCHWALK SEBAGAI PRODUK WISATA HERITAGE DI KOTA BANDUNG

  • Kunkun Kurniawan Magister Pariwisata Berkelanjutan, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Padjadjaran
  • Dadang Suganda Magister Pariwisata Berkelanjutan, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Padjadjaran
  • Ute Lies Siti Khadijah Magister Pariwisata Berkelanjutan, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Padjadjaran
  • Enjat Munajat Magister Pariwisata Berkelanjutan, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Padjadjaran
Keywords: Wisata Heritage, Urban Sketcher, Bandung Sketchwalk, Art Deco

Abstract

Wisata heritage  dalam industri pariwisata secara global mengalami pertumbuhan yang signifikan. Bangunan bersejarah dan monumen  menjadi daya tarik  dalam wisata heritage. Kota Bandung sebagai bekas koloni belanda pada masa lalu meninggalkan jejak bangunan heritage dengan arsitektur menarik. Keunikan bangunan heritage menjadi objek sketsa bagi komunitas Bandung Sketchwalk. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi rute tematik yang dipakai oleh komunitas Bandung Sketchwalk dalam pengembangan wisata heritage di Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 rute tematik komunitas Bandung Sketchwalk, yaitu rute tematik perjuangan, rute tematik  edukasi, dan rute tematik pecinan yang dapat dikembangkan menjadi produk wisata heritage. Semoga hasil penelitian ini bisa menjadi acuan bagi pemangku kepentingan terkait dalam pengembangan wisata heritage di Kota Bandung.

References

[1] Antara News. (2015). UNESCO umumkan Bandung masuk dalam jaringan kota kreatif. https://www.antaranews.com/berita/534718/unesco-umumkan-bandung-masuk-dalam-jaringan-kota-kreatif
[2] Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
[3] Boyd, S. W. (2017). Editorial: heritage trails and tourism. Journal of Heritage Tourism, 12(5), 417–422. https://doi.org/10.1080/1743873X.2016.1265972
[4] Howard, P. (2003). Heritage: management, Interpretation, and Identity. London: Continuum.
[5] Jamal, T. B., & Getz, D. (1995). Collaboration theory and community tourism planning. Annals of Tourism Research, 22(1), 186–204. https://doi.org/10.1016/0160-7383(94)00067-3
[6] Jimura, T. (2019). World heritage sites: Tourism, local communities, and conservation activities. Patrick: CABI.
[7] Kartika, T., Fajri, K., & Kharimah, R. (2017). Pengembangan Wisata Heritage Sebagai Daya Tarik Kota Cimahi. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 14(2), 35–46. https://doi.org/10.17509/jurel.v14i2.9102
[8] Mann, M. (2000). The Community Tourism Guide: Exciting Holiday for Responsible Travellers. Earth Scan.
[9] Merriman, N. (1991). Beyond the Glass Case: The Past, the Heritage and the Public in Britain. Leicester: Leicester University Press.
[10] Richards, G. (2018). Cultural tourism: A review of recent research and trends. Journal of Hospitality and Tourism Management, 36, 12–21. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2018.03.005
[11] Salazar, N. B. (2012). Community-based cultural tourism: Issues, threats and opportunities. Journal of Sustainable Tourism, 20(1), 9–22. https://doi.org/10.1080/09669582.2011.596279
[12] Silberberg, T. (1995). Cultural tourism and business opportunities for museums and heritage sites. Tourism Management, 16(5), 361–365. https://doi.org/10.1016/0261-5177(95)00039-Q
[13] Suryabrata, S. (1987). Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.
[14] Timothy, D. J., & Boyd, S. W. (2015). Tourism and trails: Cultural, ecological and management issues. Bristol: Channel View Publications.
[15] UNWTO. (2014). UNWTO tourism highlight 2014 edition. https://doi.org/www.e-unwto.org/doi/ pdf/10.18111/9789284416226
[16] Zheng, D., Ritchie, B. W., Benckendorff, P. J., & Bao, J. (2019). Emotional responses toward Tourism Performing Arts Development: A comparison of urban and rural residents in China. Tourism Management, 70(September 2018), 238–249. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2018.08.019
Published
2022-02-28
How to Cite
Kurniawan, K., Suganda, D., Khadijah, U. L. S., & Munajat, E. (2022). IDENTIFIKASI RUTE TEMATIK KOMUNITAS BANDUNG SKETCHWALK SEBAGAI PRODUK WISATA HERITAGE DI KOTA BANDUNG. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3463-3472. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1344
Section
Articles