PEMBENTUKAN SIKAP PEDULI SOSIAL ANAK PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI DESA PRINGTULIS, JEPARA

  • Jannatin Nur Octaviani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus
  • Sri Utaminingsih Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus
  • Siti Masfu’ah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus
Keywords: Pembentukan Karakter, Sikap Peduli Sosial, Pandemi Covid 19

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisis pembentukan karakter sikap peduli sosial anak pada masa pandemi Covid 19 di Desa Pringtulis, Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatis dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pringtulis Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Subjek penelitian dari penelitian ini yaitu orang tua peserta didik dan peserta didik itu sendiri. Teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data meliputi tiga tahapan yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Verification (Kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah adanya pembentukan kebiasaan sikap peduli sosial pada diri peserta didik selama masa pandemi Covid 19. Sikap peduli sosial tersebut seperti peduli pada lingkungan, contohnya menyapu, peduli pada sesama, contohnya tolong menolong, tenggang rasa, toleransi, aksi sosial, berahklak mulia.. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya pembiasaan pada diri peserta didik agar terbentuk karakter sikap peduli sosial yang mana sikap tersebut terbentuk karena pola asuh dan peran orang tua selama pembelajaran daring atau masa pandemi Covid 19 ini. Pentingnya peran orang tua dan lingkungan keluarga yang memiliki pengaruh besar terhadap tumbuh kembangnya seorang anak, termasuk terbentuknya sikap peduli sosial pada anak.  

Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Sikap Peduli Sosial, Pandemi Covid 19

References

[1] Arif, Rahmayanti dan Rahmawati. Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. 2021. Jurnal, Pendidikan, Sosial dan Agama, 13 (12), 290 – 291
[2] Azizah, Ispiyana dan Nuryah. 2020. Strategi Orang Tua Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Multidisclipinary Studies, 4 (2), 247
[3] Busayeri dan Muharom. 2020. Pengaruh Sikap Guru Terhadap Pengembangan Karakter (Peduli Sosial) Siswa Di Mi Madinatunnajah Kota Cirebon.
[4] Darmiatun, S., D. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
[5] Farida, ai, salsabila, unik hanifah, hayati, liska liana nur, Ramadhani, Jihan, Saputri, yulia. 2021. Optimasi gadget dan implikasinya terhadap pola asuh anak. jurnal inovasi penelitian, 1 (8), 1701-1709
[6] Iswidharmanjaya, Derry. 2014. Bila si kecil bermain gadget: panduan bagi orang tua untuk memahami faktor-faktor penyebab anak kecanduan gadget. Google Book
[7] Handayani, Sri, Masfuah, Siti, Kironoratri, Lintang. 2021. Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5), 2240-2246
[8] Magistarina, E., Utami, R.H.Nurmania. Fitriani, M., & Sari, R.P. 2019. Pengembangan helping skill pada remaja SMPN 2 Sungayang kabupaten tanah datar. Jurnal pelayanan kepada masyarakat, 1 (2), 152-160
[9] Muhsin, Ali. 2017. Upaya orang tua dalam membentuk karakter anak di dusun sumbersuko desa plososari kecamatan grati kabupaten pasuruan. Dinamika, 2 (2), 123-149
[10] Muwaddah, Sultani Dan Susanto. 2021. Pengaruh Motivasi Belajar Daring Terhadap Prestasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 29 Banjarmasin. 2021
[11] Ningsi, Aziza, Suzina, Afrihesti. 2020. Tingkat peduli sosial dan sikap peduli sosial siswa berdasarkan faktor lingkungan. Jurnal Pelangi, 12 (1), 9-15
[12] Pratiwi, Ni Kadek Santya. 2018. Pentingnya peran orang tua dalam pendidikan karakter anak usia sekolag dasar. ADI WIDYA: Jurnal pendidikan dasar, 3 (1), 83-91
[13] Purandina dan Winaya. 2020. Pendidikan Karakter dilingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid 19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (2), 271 - 272
[14] Purwanto, dkk. 2020. Studi eksploratif dampak covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCours: Journal of Education, Psycology and Counseling, 1 (1) hal. 1-12
[15] Yuliana,Utaminingsih dan Masfuah. 2021. Analisis Nilai Karakter pada Tradisi Ngalungi Sapi Untuk Pembelajaran Anak Sekolah Dasar Desa Mojowarno Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 5 (4), 788
Published
2022-02-28
How to Cite
Octaviani, J. N., Utaminingsih, S., & Masfu’ah, S. (2022). PEMBENTUKAN SIKAP PEDULI SOSIAL ANAK PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI DESA PRINGTULIS, JEPARA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3453-3462. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1343
Section
Articles