EVALUASI MODEL CIPP PROGRAM DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENDIDIK ANAK USIA DINI DI KOTA PAYAKUMBUH

  • Sri Kemala Sandii Yuanita Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Yaswinda Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang
  • Mega Adyna Movitaria Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAI Sumatera Barat
Keywords: CIPP, Diklat Berjenjang Tingkat dasar, Kompetensi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualifikasi pendidik yang belum sesuai dengan harapan, kurangnya kompetensi, kurang percaya diri dalam pengembangan diri. Hal ini merupakan kondisi yang perlu mendapat perhatian khusus dan upaya serius. Salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi pendidik PAUD dengan pemberian pelatihan yaitu pelatihan berjenjang bagi guru PAUD dalam jaringan. Tulisan ini bertujuan merancang model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program Diklat berjenjang tingkat dasar untuk meningkatkan kompetensi pendidik PAUD. Uraian tentang terminologi evaluasi dan evaluasi program ditempatkan pada awal tulisan agar pembaca dapat melihat jalannya program Diklat berjenjang tingkat mahir. Selanjutnya, diuraikan tentang model evaluasi CIPP. Pemahaman tentang empat komponen evaluasi CIPP menjadi kunci untuk menerapkan model ini dalam mengevaluasi program layanan PAUD HI. Dalam empat komponen evaluasi CIPP terdapat beberapa pertanyaan kunci, yaitu “apa yang dibutuhkan?”; “apa yang harus dilakukan?”; “apakah program dilaksanakan?”; dan “bagaimana tingkat keberhasilan program?”. Bertolak dari beberapa pertanyaan utama ini, model CIPP dapat diterapkan untuk mengevaluasi program Diklat berjenjang tingkat dasar dari aspek Context, Input, Process, dan Product.

References

[1] Mulyadi, D. (2018). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti untuk Pelayanan Publik (H. T. Gedeona & M. Nurafandi (eds.); Revisi Ket). ALFABETA CV.
[2] Purwanto, E. A., & Sulistyastuti, D. R. (2015). Implementasi kebijakan Publik Konsep dan Aplikasinya Di Indonesia (Yogyakarta). GAVA MEDIA.
[3] Rachmawati, I., Kania, I., & Juhana, U. (2018). Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (F. Yuliani (ed.)). UMMIPress.
[4] H.A.S Moenir (dalam Rachmawati et al., 2018) Rachmawati, I., Kania, I., & Juhana, U. (2018). Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (F. Yuliani (ed.)). UMMIPress.
[5] Implementasi kebijakan menurut Gordon dalam Pasolong (2008:58) Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti untuk Pelayanan Publik (H. T. Gedeona & M. Nurafandi (eds.); Revisi Ket). ALFABETA CV.
Published
2022-02-28
How to Cite
Yuanita, S. K. S., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. A. (2022). EVALUASI MODEL CIPP PROGRAM DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENDIDIK ANAK USIA DINI DI KOTA PAYAKUMBUH. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3427-3440. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1340
Section
Articles