PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SOAL ULANGAN SEMESTER I MELALUI RAPAT KERJA MGMP

  • Suratno Suratno SMP Negeri 217 Jakarta
Keywords: Kompetensi Guru, Soal Ulangan, Rapat Kerja MGMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan  kemampuan guru, dalam menyusunan Ulangan semester ganjil melalui rapat kerja MGMP. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Sekolah dengan melibatkan 15 orang guru mata pelajaran IPA,IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan PKn, yang  dijadikan sempel  penyusunan tes sumatif, berdasarkan kriteria penyusunan tes standar. Dari hasil  survei   sebelumnya mereka belum pernah menyusun  tes  berdasrkan kriteria / langkah-langkah penyusunan tes standar.  Mereka menyusun tes dengan  mengadopsi soal tes dari bank soal yang dimiliki dan disesuaikan dengan indikator materi yang diajarkan di kelas. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus.  Tes yang sudah selesai dianalisis dan dinilai berdasarkan  3 parameter yang telah ditetapkan, antara lain :  1), aspek kesesuaian tes dengan tujuan pembelajaran, 2) aspek perilaku tingkat kesukaran Taxonomi Blom ( C1 – C6), dan ke. 3), penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada tes obyektif.  Berdasarkan kriteria tersebut di atas, dari siklus I dan siklus II rata-rata skor menunjukkan peningkatan, dari rata-rata skor 65.4 ke skor 75.3. Itu berarti upaya guru dalam menyusun Ulangan  sudah signifikan dan  mereka sudah sangat berupaya untuk bisa membuat tes yang layak.  Dalam siklus I ada  2 orang guru belum tuntas, maka dilanjutkan kesiklus II untuk menuntaskan sekaligus memberikan pengayaan bagi yang sudah tuntas.      

Dari hasil analisis pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan kualitas dengan hasil rata-rata kemampuan guru dalam menyusun Ulangan semester ganjil  dari rata-rata skor  65.4 menjadi skor 76.43 dengan peningkatan sebesar  25 %.                

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui  rapat kerja MGMP dalam penyusunan Ulangan Semester ganjil Guru-guru  telah berhasil membuat Tes standar ( layak ) berdasarkan kreteria yang ditetapkan

References

[1] Anonim. 2003 . Standar Kompetensi Guru Sekolah Menengah. : Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
[2] Anonim. 1999. Penelitian Tidakan Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
[3] Anonim. 2007. Pedoman Bantuan Langsung (Block Grant) Pelaksanaan Penelitian Tidakan Bagi Pengawas Sekolah SMA/SMK. Jakarta: Direktoral Tenaga Kependidikan Direktoral Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dsar dan menengah Direktorat Tenaga Kependidikan
[4] Anonim,2005. Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2005. Jakarta, Tentang Guru dan Dosen, Cemerlang Jakarta.
[5] Anonim, 1994. Kelompok Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Derektorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah.
[6] Anonim, 2017 Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas sekolah SMA/SMK,Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Derektorat Jendral PMPTK.
[7] Basuki, Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Dasar dan menengah Direktorat Tenaga Kependidikan
Published
2022-02-28
How to Cite
Suratno, S. (2022). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SOAL ULANGAN SEMESTER I MELALUI RAPAT KERJA MGMP. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3421-3426. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1339
Section
Articles