EFEKTIVITAS APLIKASI LAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK TERINTEGRASI DENGAN MUDAH (KADO TERINDAH) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SUKABUMI

  • Muthya Mulia Suci Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Tuah Nur Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Rizki Hegia Sampurna Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Efektivitas, Kartu Tanda Penduduk, Covid-19

Abstract

Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Efektivitas Aplikasi Layanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Terintegrasi Dengan Mudah (Kado Terindah) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Sukabumi. Metode Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Metode Kuantitatif Dengan Pendekatan Deskriptif. Sedangkan Teknik Pengumpulan Datanya Menggunakan Kuesioner/Angket, Observasi Dan Studi Kepustakaan. Dengan Menggunakan Teknik Simple Random Sampling, Penelitian Ini Melibatkan 98 Responden Dari Berbagai Karakteristik Yang Berbeda. Uji Hipotesis Menggunakan Uji Satu Sampel T-Test, Sedangkan Uji Validitas Menggunakan Kolerasi Product Moment Dan Uji Reliabilitas Menggunakan Metode Cronbach Alpha. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Aplikasi Layanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Terintegrasi Dengan Mudah (Kado Terindah) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Sukabumi Dinyatakan Efektif

References

Apriliani, N., Nur, T., & Mulyadi, A. (2019). Evaluasi Kebijakan KTP Elektronik (KTP-El) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi. PAPATUNG: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan dan Politik, 2(2), 13-27.
[2] Dunn William N. (2000). Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Edisi Kedua, Yogyakarta: : Gadjah Mada University Press.
[3] Hadiyanor, E. (2021). Pelayanan Pembaharuan E-Ktp Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Jurnal Administrasi Publik dan Pembangunan, 2(1), 67-76.
[4] Harlan, La Ode Abdul. (2019). Analisis Kinerja Pegawai dan Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kecamatan Mandonga Kota Kendari. Journal Publicuho.
[5] Hidayatullah, H. (2018). Strategi Komunikasi Kepala Kecamatan Kemuning Dalam Mengatasi Permasalahan E-KTP (SKRIPSI) (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).Jurnal Administrasi Negara, 14(1), 55-61.
[6] M., Septiana, A. R., & Fait, T. (2021). Pelayanan Ktp Elektronik Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Baubau. Journal Publicuho, 4(1), 39-50.
[7] Pasolong, H. (2013). Netralitas Birokrasi Dalam PilkadaPilihan atau Keharusan.
[8] Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan
[9] Permendagri RI Nomor 7 tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring
[10] Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung Penerbit: Alfabeta.
[11] Silalahi, Ulber. (2017). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT. Refika Aditama.
[12] Sondang P Sigian. (2002) Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta : PT Rineka Cipta.
[13] Steers, R. M. (1985). Efektivitas Organisasi (terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga,
[14] Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
[15] Torang, S. (2012). Metode Riset Struktur & Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta. Zahari, A. F.
Published
2022-02-28
How to Cite
Suci, M. M., Nur, T., & Sampurna, R. H. (2022). EFEKTIVITAS APLIKASI LAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK TERINTEGRASI DENGAN MUDAH (KADO TERINDAH) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SUKABUMI. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3361-3368. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1329
Section
Articles