ANALISIS DANA ZAKAT PRODUKTIF SEBAGAI MODAL USAHA MIKRO PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) PROVINSI SUMATERA UTARA

  • Nazariyah Lubis Jurusan Akuntansi, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Alistraja Dison Silalahi2 Jurusan Akuntansi, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Ova Novi Irama Jurusan Akuntansi, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Zakat Produktif, Usaha Mikro, Badan Amil Zakat Nasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dana zakat produktif terhadap perkembangan ekonomi mustahik di BAZNAS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini memandang representasi informan terwakili oleh kualitas informasi yang diberikan oleh informan yang dilibatkan pada penelitian ini. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data secara langsung melalui wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah penerima dana zakat produktif di BAZNAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua kondisi ekonomi mustahik setelah mendapatkan dana zakat produktif dari BAZNAS membaik bahkan ada yang mengalami kemajuan dan hanya beberapa orang saja yang kondisi ekonominya cukup. Penyaluran dana zakat produktif dari BAZNAS dikatakan dapat mempengaruhi perkembangan mustahik. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan mustahik yaitu pendapatan yang dimiliki mustahik apakah meningkat atau tidak setelah mendapatkan dana bantuan zakat produktif.

References

[1] Wardayanti, Siti Maria dan Siska Putri Imaroh, 2015, Analisis Pengendalian Intern COSO Pada Pengelolaan Dana Zakat, Infaq dam Shadaqah (ZIS) , Journal of Social and Science Religion Vol.22 hal 227-238.
[2] Nikmah, Choirin, et. al. (2014). Analisis Implikasi Pembiayaan Syariah pada Pedagang Kecil di Pasar Tanjung Jember. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi. Volume 1.
[3] Wulansari, Dwi, Sintha. 2014. Analisis Peran Zakat Produktif terhadap Perkembangan Usaha MikroMustahik Penerima Zakat (Studi Kasus Rumah Zakat Kota Semarang). Skripsi Mahasiswa FEB UNDIP Semarang.
[4] https://pid.baznas.go.id/sumatera-utara/
[5] Mansyur Huda. Syubahat Seputar Zakat, Solo:Tinta Medina, 2012.
[6] Fitriani, I. R. (2015). Pola Distribusi Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Jama’ah Majelis Taklim Al-Hidayah Rejosari Gunung Pati (Studi Kasus Baznas Provinsi Jawa Tengah). Semarang: UIN Walisongo.
[7] Riyadi, Agus.”Menejemen pengolahan zakat produktif. IQTISHADIAH jurnal kajian ekonomi dan bisnis islam 7, no.2 (november 2014):335-56.
[8] Indonesia, B. (2016). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
[9] Ardi Nugroho, Listyawan. 2011. Pengaruh Modal Usaha. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2022-02-28
How to Cite
Lubis, N., Silalahi2A. D., & Irama, O. N. (2022). ANALISIS DANA ZAKAT PRODUKTIF SEBAGAI MODAL USAHA MIKRO PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) PROVINSI SUMATERA UTARA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3303-3310. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1323
Section
Articles