ANALISIS PENGENDALIAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PIUTANG TAK TERTAGIH DAN DAMPAKNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PADA BANK SUMUT KCP PERBAUNGAN

  • Dwi Ajeng Vianingsih Jurusan Akuntansi, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Wilda Srimunawaroh Harahap Jurusan Akuntansi, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Sistem Informasi Akuntansi, Piutang Tak Tertagih, Laporan Keuangan

Abstract

Peranan sistem informasi akuntansi dalam perbankan khususnya dalam hal pemberian kredit diperlukan untuk mendukung penyediaan transaksi yang handal dan akurat, memperkecil terjadinya redudansi data, menyediakan kapasitas penyimpanan data yang baik dan mudah diakses, mendukung pengambilan keputusan khususnya dalam melakukan analisis kelayakan kredit, serta mendukung pemrosesan data menjadi informasi yang berguna untuk pihak manajemen dalam bentuk jurnal, laporan dan dokumen. Setiap bentuk penyaluran kredit mengandung risiko kredit bermasalah. Non performa Loan (NPL) adalah suatu keadaan dimana nasabah tidak mampu membayar sebagian atau seluruh kewajibannya kepada bank sesuai kesepakatan. Risiko piutang tak tertagih merupakan masalah yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan bank. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan sistem informasi akuntansi dalam pengendalian piutang pada Bank SUMUT KCP Perbaungan. Metode yang digunakan oleh penulis pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu Tidak ada terdapat aplikasi khusus yang menangani piutang tak tertagih pada Bank SUMUT KCP Perbaungan. Tindakan yang diambil oleh Bank Sumut KCP Perbaungan dalam menangani masalah piutang tak tertagih yaitu hapus buku. Pada laporan keuangan piutang tak tertagih dihilangkan dari neraca.

References

Pradani, Ni Luh Candra. 2017. Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Perlindungan Sistem Informasi, Partisipasi Manajemen dan Pengetahuan Manajer Akuntansi Terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Pada Hotel Berbintang Di Kabupaten Karangasem. Jurnal Akuntansi, 7(1). Universitas Pendidikan Ganesha.
[2] Marshall B. Romney dan Paul John Steinbart. 2018. Sistem Informasi Akuntansi: Accounting Information Systems (Edisi 14), Pearson.
[3] Kuswara, H., & Kusmana, D. 2017. Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Web Dengan SMS Gateway Pada Sekolah Menengah Kejuruan Al – Munir Bekasi. Indonesian Journal on Networking and Security, 6(2), 17–22. Retrieved from http://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/22.
[4] Mardiasmo.(2016). Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2016. Yogyakarta: Penerbit Andi.
[5] Efraim Ferdinan Giri. 2017. Akuntansi Keuangan Menengah 1. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.
[6] Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
2022-02-28
How to Cite
Vianingsih, D. A., & Harahap, W. S. (2022). ANALISIS PENGENDALIAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PIUTANG TAK TERTAGIH DAN DAMPAKNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PADA BANK SUMUT KCP PERBAUNGAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3247-3252. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1318
Section
Articles