ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS KUE TART PADA UMKM SARHADI CAKE’S & CATERING SUKARAJA

  • Sopyan Saori Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Mochamad Iqbal Pratama Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Fuji Siti Nurfitrah Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Utari Adetianingsih Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Disa Falentina Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Pengendalian Kualitas, Diagram Pareto, Diagram Sebab-Akibat.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis cacat produk kue tart dengan menggunakan diagram pareto dan diagram sebab-akibat, analisis data yang peneliti gunakan adalah data primer yang dianalisis berdasarkan lembar cek dan diagram pareto serta dibuat diagram sebab-akibat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegagalan produksi kue tart di UMKM Sarhadi Cake’s & Catering Sukaraja adalah keretakan kue sebesar 42,7% dari jumlah produk gagal secara menyeluruh. Setelah itu dilanjut oleh kue bantat sebesar 57,3%. Dengan menggunakan diagram sebab-akibat dapat disimpulkan bahwa faktor utama yang menyebabkan kerusakan atau ketidaksesuaian pada pembuatan kue tart adalah metode dan pekerja.

References

Azmi, I. Z., & Sari, O. Y. (2020). Analysis of Quality Control in Efforts to Reduce The Level of Product Defects at PT. MAG. Indonesian Journal of Educational Review, 7(July), 21–28. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ijer/article/view/16629/9112
[2] Coccia. (2017). Social and Administrative Sciences - The Fishbone diagram to identify, systematize and analyze the sources of general purpose technologies. Journal of Social and Administrative Sciences, 4(December 2017), 291–303.
[3] Masoud Hekmatpanah. (2011). The application of cause and effect diagram in the oil industry in Iran: The case of four liter oil canning process of Sepahan Oil Company. African Journal of Business Management, 5(26), 10900–10907. https://doi.org/10.5897/ajbm11.1517
[4] Norawati, S., & Zulher. (2019). Analisis Pengendalian Mutu Produk Roti Manis Dengan Metode Statistical Process Control (Spc) Pada Kampar Bakery Bangkinang. Jurnal Pengendalian Mutu, 5(2), 103–110.
[5] Panjaitan, M. A., & Jamhari, A. S. (2019). Quality Control of Raw Materials for Candied Carica Using P-Chart Analysis and Fishbone Diagram. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17(3), 416–425. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2019.017.03.05
[6] Przystupa, K. (2019). The methods analysis of hazards and product defects in food processing. Czech Journal of Food Sciences, 37(1), 44–50. https://doi.org/10.17221/44/2018-CJFS
[7] Raman, R. S., & Basavaraj, Y. (2019). Quality Improvement of Capacitors through Fishbone and Pareto Techniques. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(2), 2248–2252. https://doi.org/10.35940/ijrte.b2444.078219
[8] Tanjaya, Y. (2017). Analisis pengendalian kualitas produksi dalam upaya mengurangi tingkat kerusakan produk pada perusahaan jadoel bakery. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(2), 191–200.
[9] Wirawati, S. M. (2019). Analisis pengendalian kualitas kemasan botol plastik dengan metode Statistical Process Control (SPC) di PT. Sinar Sosro KPB Pandeglang. Jurnal Intent, 2(1), 94–102.
[10] Zach, M. (2018). Applicable quality management tools in a production cycle of a selected company. Global Journal of Business, Economics and Management: Current Issues, 8(3), 10–19.
Published
2022-02-28
How to Cite
Saori, S., Pratama, M. I., Nurfitrah, F. S., Adetianingsih, U., & Falentina, D. (2022). ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS KUE TART PADA UMKM SARHADI CAKE’S & CATERING SUKARAJA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3241-3246. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1307
Section
Articles