Penerapan Algoritma Fisher-Yates Pada Computer Based Test Di Panda Mandarin Course

  • Yeremia Firhan Subagja Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • RZ Abdul Aziz Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Keywords: Computer Based Test, Fisher-Yates, Prototype

Abstract

Panda Mandarin Course merupakan tempat kursus belajar Bahasa Mandarin yang memiliki 3 tingkatan kelas, yaitu Elementary 1, Elementary 2, dan Elementary 3 dimana setiap kelas memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pada saat ini sistem ujian yang diterapkan di Panda Mandarin Course adalah ujian secara konvensional. Namun ujian secara konvensional memiliki beberapa kekurangan, yaitu guru harus membuat soal setiap kali ujian di laksanakan, membutuhkan banyak kertas, dan guru harus memeriksa ujian terlebih dahulu untuk mengetahui hasil yang di dapat setiap murid. Untuk mengatasi hal tersebut, dibangun sebuah sistem yang dapat mempermudah jalannya ujian. Sistem ini disebut Computer Based Test. Dengan adanya Computer Based Test, maka ujian dapat dijalankan dengan komputer, sistem juga dapat menilai hasil ujian secara langsung setelah murid menyelesaikan ujian. Sistem ini juga diimplementasikan dengan algoritma Fisher-Yates agar setiap soal dan jawaban yang diterima oleh murid dapat teracak. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tindakan kecurangan yang dilakukan oleh murid. Setelah sistem dianalisis, terjadi kemunculan soal yang sama sebanyak 44% dan terjadi kemunculan soal yang sama pada nomor urut yang sama sebanyak 14% yang mengindikasikan kemungkinan terjadinya kemunculan soal yang sama di waktu yang bersamaan pada 2 orang murid sangatlah kecil. Juga diketahui rata-rata kemunculan soal adalah sebesar 3,33%.

References

[1] S. Susilowati and T. Hidayat, “Rancang Bangun Sistem Informasi Ujian Online (Studi Kasus Pada SMAN 58 Jakarta),” J. Tek. Komput., vol. 4, no. 1, pp. 30–36, 2018, [Online]. Available: http://bsnp-indonesia.org.
[2] Ekojono, D. A. Irawati, L. Affandi, and A. N. Rahmanto, “Penerapan Algoritma Fisher-Yates Pada Pengacakan Soal Game Aritmatika,” Pros. SENTIA 2017 – Politek. Negeri Malang, vol. 9, no. ISSN: 2085-2347, pp. 101–106, 2017, [Online]. Available: http://sentia.polinema.ac.id/index.php/SENTIA2017/article/viewFile/237/225.
[3] V. Asih, A. Saputra, and R. T. Subagio, “Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle Untuk Aplikasi Ujian Berbasis Android,” J. Digit, vol. 10, no. 1, p. 59, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i1.156.
[4] P. D. A. Pamungkas, “Computer Based Test ( CBT ) Pada Sekolah Tinggi Tarakanita Jakarta Menggunakan Metode Computerized Fixed-Form Test ( CFT ),” J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. IV, no. 1, pp. 54–61, 2017.
[5] B. Tjahjo, “Computer Based Test Fakultas Ilmu Komputer Pendahuluan Tujuan & Manfaat Teori Dasar Metode Penelitian,” vol. V, no. 2, pp. 25–34, 2018.
[6] A. Kristian, “Sistem Informasi Rencana Pembelajaran Semester Berbasis Website pada IIB Darmajaya,” 2020.
[7] A. R. Adfa, “Perancangan sistem informasi museum lampung berbasis website,” 2019.
Published
2022-02-28
How to Cite
Subagja, Y., & Aziz, R. (2022). Penerapan Algoritma Fisher-Yates Pada Computer Based Test Di Panda Mandarin Course. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3485-3492. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1296
Section
Articles