STRATEGI PENGEMBANGAN MUSEUM TOSAN AJI PURWOREJO DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN

  • Amad Saeroji Universitas Sebelas Maret
Keywords: Pengembangan, Museum Tosan Aji, Wisatawan, Wisata Edukasi

Abstract

Museum merupakan salah satu daya tarik wisata yang dijadikan sebagai sasaran kujungan wisatawan. pengelolaan museum yang baik serta menyesuaikan perkembangan zaman dapat memberikan dampak positif terhadap citra dan kunjungan wisatawan. museum tosan aji purworejo yang memiliki berbagai koleksi benda-benda cagar budaya peninggalan sejarah dan memiliki nilai historis yang tinggi sehingga diperlukan strategi pengembangan dalam kaitannya dengan meningkatkan kunjungan wisatawan. penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan museum tosan aji purworejo dalam meningkatkan kunjungan wisatawan berdasarkan karakteristik museum. penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan mengolah hasil data observasi, wawancara, studi arsip, dan studi pustaka yang sudah dilakukan sebelumnya. observasi dilakukan dengan pengamatan secara langsung pada beberapa hal diantaranya yaitu daya tarik wisata yang terdapat museum tosan aji dan benda-benda pusaka lainnya, lokasi museum serta pengelolaan museum. strategi pengembangan museum tosan aji dapat berupa penciptaan branding, pembuatan profil museum, pembuatan merchandise dan souvenir khas yang menarik, pemaksimalan promosi melalui website dan sosial media, menjalin kerjasama dengan pihak transportasi serta menjalin kerjasama dengan institusi pendidikan daerah dengan menjadikan museum sebagai wisata edukasi dan sejarah dalam pembelajaran.

References

[1] Ambrose, Timothy dan Crispin, Paine. 1993. Museum Basics. London: Routledge.
[2] Museum Tosan Aji. Pemkab Purworejo. https://purworejokab.go.id/web/museum-tosan-aji.html. Diakses tanggal 20 Desember 2021
[3] Permen RI No. 19 Tahun 1995 tentang pemeliharaan dan pemanfaatan benda cagar budaya museum.
[4] Widoyoko dan Putro, Eko. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
[5] Yoeti, Oka A. 1990. Pemasaran Pariwisata. Penerbit Angkasa: Bandung.
Published
2022-01-31
How to Cite
Saeroji, A. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN MUSEUM TOSAN AJI PURWOREJO DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(9), 3071-3076. https://doi.org/10.47492/jip.v2i9.1276
Section
Articles