PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ZOOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V

  • Nida Nabila Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Khaola Rachma Adzima Universitas Esa Unggul Jakarta
Keywords: Media Zoom, Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media zoom terhadap hasil belajar matematika siswa pada pembelajaran daring di kelas V. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB, berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Informasi yang diperoleh dari responden yang menggunakan kuesioner ini digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Zoom terhadap hasil belajar matematika siswa pada pembelajaran daring di kelas V. Penelitian ini menggunakan uji parsial (uji t) untuk menentukan hipotesis. Hasil hipotesis yang diperoleh berdasarkan uji parsial (uji t) adalah = 3,392 >  2,048 dengan signifikan 0,002 < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media zoom dan hasil belajar matematika.

References

[1] Adzima, K. R., Sudaryati, S., & Wijaksana, A. H. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Belajar Menggunakan Pendekatan Savi ( Somatis Auditori Visual Intelektual ) Dan Siswa Yang Belajar Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Eduscience, 4, 52–57.
[2] Alberth Supriyanto Manurung, S.Si, M.Pd, Abdul Halim, S.Pd, M. P. (2017). Kontribusi Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 31 Jakarta. Вестник Росздравнадзора, 4(0313038203), 9–15.
[3] Aminah, S. (2012). Media Tangram dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bangun Datar Siswa Kelas V. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 1(1).
[4] Arisanti, K. D., Santoso, A., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Nganjuk. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 101. https://doi.org/10.30737/jimek.v2i1.427
[5] Ariska, M. D., Darmadi, D., & Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggnakan Adobe Flash Berbasis Metakognisi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 83–97. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i01.4622
[6] Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.97-102.2020
[7] Citra Resita, A. K. Y. R. (2018). Citra Resita: Dosen Podi PJKR Universitas Singaperbangsa Karawang Aria Kusuma Yuda Ryanto: Dosen Podi PJKR Universitas Singaperbangsa Karawang 167. IX(2), 167–173.
[8] Dewi, A., & Susanto, R. (2018). ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA DI SDN JOGLO 04 PETANG (studi pre-eksperimen). JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 230–243. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.179
[9] EFENDI, Y., & WIDODO, A. (2019). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Tes Shooting Sepak Bola Pada Pemain Tim Persiwu Fc Jatiyoso. Jurnal Kesehatan Olahraga, 7(2).
[10] Firmansyah. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa STAI Al-Amin Dompu. Jurnal Studi Pendidikan Islam, IX, 11–18. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alfurqan/index
[11] FIRMANSYAH, D. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996
[12] Hardiyanti, T., Soro, S., & Faradillah, A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Model Discovery Learning Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division ( Stad ) Berbasis Lkpd Di Smp Muhammadiyah 4 Cipondoh. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 01, 443–454.
[13] Hidayat, T., Rahmatan, H., & Khairil, K. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Internet pada Konsep Sistem Peredaran Darah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada SMA Negeri 1 Woyla. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.22373/biotik.v4i1.1065
[14] Iskandar, H., Abduh, I., & Tadulako, U. (2019). PENDAHULUAN Seiring bertambahnya usia dan semakin bertambah padat aktifitas yang dijalani seseorang maka , semakin menurun pula tingkat kesadaran seseorang itu akan pentingnya Olahraga dikarenakan menggunakan semuanya mesin , contoh sudah yang sederhana : 7.
[15] Laksana, F. F., & Suyoto, S. (2019). Pengukuran Kualitas Ux Website Menggunakan Sus. Computer Engineering, Science and System Journal, 4(2), 138. https://doi.org/10.24114/cess.v4i2.12928
[16] Manurung. S. Alberth. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Dan Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 31 Jakarta. Guru Kita, 4(3), 1–10. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/19454
[17] Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1274–1290. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.544
[18] Manurung, A. S. M., & Halim, A. (2020). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn Kenari 07 Pagi Jakarta. Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 51–57. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/3102
[19] Marpaung, I., & Winarto. (2018). Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Penilaian Prestasi Kerja (Studi Kasus pada PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatra Utara). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
[20] Marsiding, Z. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.36090/jipe.v2i1.931
[21] Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416
[22] Mubarak, M. R., Wahdah, N., Ilmiani, A. M., & Hamidah, H. (2020). Zoom Cloud Meeting: Media Alternatif dalam Pembelajaran Maharah Kalam di Tengah Wabah Virus Corona (Covid-19). Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 211. https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1445
[23] Muzakkiy achmad. (2019). Pengaruh Religiusitas dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembiyayaan KPR Griya IB Hasanah BNI Syariah KC Bukit Darmo Boluevard Surabaya.
[24] Nasution, A. K. P. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET.
[25] PRASETIYO, G., Barry, H., & ... (2020). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Pengambilan Keputusan Keuangan Mahasiswa Di Politeknik Negeri Jakarta. … Teknologi Dan Riset …, 233–240. https://semnastera.polteksmi.ac.id/index.php/semnastera/article/view/58
[26] Prasetyo, E. (2017). Sistem Informasi Dokumentasi dan Kearsipan Berbasis Client-Server Pada Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu, 7(2), 1–10. http://jurnal.polsky.ac.id/index.php/tips/article/download/101/97/
[27] Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., & Ismah. (2017). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika terhadap konsep bangun ruang materi luas dan volume balok dan kubus menggunakan metode drill sekolah smp islam al-ghazali kelas viii. FIBONACI : Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 3(1), 45–52.
[28] Purnawati, E., Warneri, W., & Al Hidayah, R. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Sosiologi Berbasis Internet oleh Guru MA Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1), 1–7. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/30896
[29] Ratnawati Susanto, Afika, A., Prihantini, A. S., Rahmasari, D., Putri, R. S., & Annunsianes, Y. (2020). Kompetensi pedagogik guru pada era pandemi covid-19. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin 3 (SNIPMD 3), 3, 361–366.
[30] Sataloff, R. T., Johns, M. M., & Kost, K. M. (n.d.). Analisis struktur kovarians Judul untuk indikator terkait kesehatan pada lansia di rumah dengan fokus pada kesehatan.
[31] Shofa, M. J., & Restiana, N. (2018). Peningkatan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Online untuk Guru Matematika di Banten Sebagai Upaya Menuju Era Industri 4.0 Universitas Sultan Ageng Tirtyasa , Banten , Indonesia. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 20–24.
[32] Sinamo, H. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Eksperimen Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
[33] Solihin, A. (2020). Gunahumas Pembelajaran Online dengan Aplikasi Zoom Meeting. 3(2), 17–23.
[34] Surya, muhammad F. (2021). Hubungan Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Dengan Minat Bekerja Siswa Kelas XI TKR SMK Negeri 10 Makassar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
[35] Susanto, R. (2017). Senam Otak Dan Pengaruhnya Terhadap Kesiapan Belajar Dan Hasil Belajar Mata Kuliah Metode Penelitian Mahasiswa Pgsd , Fkip Universitas Esa Unggul , Jakarta . Unisbank, 3(1), 821–829. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/articl/.../5030
[36] Susanto, R. (2018). Pengkondisian Kesiapan Belajar Untuk Pencapaian Hasil Belajar Dengan Gerakan Senam Otak. Jurnal Eduscience, 3(2), 63. http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/2504/2148
[37] Susanto, R., Iwan, P., Purnono, D., Muhammad, S., & Muthahar, C. (2020). Pengaruh literasi pedagogik pendidik terhadap minat belajar siswa di sd rabbaniyyun islamic school. Pendidikan, 330–337.
[38] Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1–14. https://doi.org/10.29333/ejecs/311
[39] Susanto, R., Rara, A., Dwi, A., Sari, R., Hidayah, N., Unggul, U. E., & Unggul, U. E. (2020). Peranan Kompetensi Pedagogik Dengan Kinerja Guru Dalam. Vol No 3(2338–4131), 122–127. doi: https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.52%0D
[40] Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118
[41] Syofyan, H. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 248–265.
[42] Tian, S., Hu, N., Lou, J., Chen, K., Kang, X., Xiang, Z., Chen, H., Wang, D., Liu, N., Liu, D., Chen, G., Zhang, Y., Li, D., Li, J., Lian, H., Niu, S., Zhang, L., & Zhang, J. (2020). Characteristics of COVID-19 infection in Beijing. Journal of Infection, 80(4), 401–406. https://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.02.018
[43] Wijaya, B., Candiasa, M., Suryawan, P., Studi, P., Matematika, P., Pendidikan, U., & Singaraja, G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Koordinat Berbasis Lectora Inspire dengan Pendekatan Saintifik untuk Siswa SMP. Edumatica, 08(02), 9–22.
Published
2022-01-31
How to Cite
Nabila, N., & Adzima, K. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ZOOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(9), 3011-3020. https://doi.org/10.47492/jip.v2i9.1268
Section
Articles