MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH

  • Renata Anisa Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
  • Yustikasari Yustikasari Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
  • Retasari Dewi Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Keywords: Media, Informasi, Promosi, Promosi Kesehatan, Rumah Sakit

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi mempengaruhi berbagai sektor kehidupan. Sektor Kesehatan dalam hal ini rumah sakit adalah salah satu yang adaptif mengikuti perkembangan dalam menjalankan fungsi pelayanan kepada masyarakat. Rumah sakit pemerintah telah memanfaatkan berbagai media untuk menyampaikan informasi, memberikan edukasi, dan melakukan promosi kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media informasi dan promosi kesehatan yang digunakan rumah sakit pemerintah untuk berkomunikasi dengan publik yakni pasien, keluarga pasien, dan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Narasumber dalam penelitian ini adalah tim promotor kesehatan dari RSUD Kabupaten Sumedang dan RSUD Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media informasi dan promosi yang digunakan rumah sakit adalah media cetak yakni brosur, banner, dan poster. Media lainnya adalah media audio dan media sosial yakni website, facebook, instagram, dan youtube. Media tersebut digunakan untuk menyampaikan informasi dan edukasi kesehatan, informasi pelayanan rumah sakit, serta promosi kesehatan

References

[1] Kerpen, D. (2011). Likeable Social Media: How to Delight Your Customers, Create an Irrestible. New York: McGraw-Hill.
[2] Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, California, United States: SAGE Publications, Inc.
[3] Bogdan, R., DeVault, M. L., & Taylor, S. J. (2016). Introduction to Qualitative Research Methods: A Guidebook and Resource (4th ed.). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
[4] Preeti. (2014). Education and Role of Media in Education System. International Journal of Scientific Engineering and Research (IJSER), 1.
[5] Kotler, P. a. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12. Jilid 1 . Jakarta: Erlangga.
[6] Kotler, P. a. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga .
[7] Kemenkes. (2018). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit. Jakarta : Kemenkes.
Published
2022-01-25
How to Cite
Anisa, R., Yustikasari, Y., & Dewi, R. (2022). MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2869-2874. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1248
Section
Articles