PENGARUH ANGGARAN PERTAHANAN DAN MINIMUM ESSENTIAL FORCE TERHADAP POSTUR TENTARA NASIONAL INDONESIA

(Studi di Direktorat Jenderal Kekuatan Pertahanan)

  • Muhtar Rifai Universitas Pertahanan RI
  • Ansar Tutu
  • Mulyani Mulyani
  • Andi Sunra
  • Panji Suwarno
Keywords: Kata Kunci: Anggaran Pertahanan, Minimum Essential Force, Postur Tentara Nasional Indonesia

Abstract

Postur Tentara Nasional Indonesia merupakan wujud penampilan TNI yang tercermin dari keterpaduan kekuatan, kemampuan dan gelar kekuatan TNI. Pembangunan dan penggelaran kekuatan TNI tersebut harus memperhatikan dan mengutamakan wilayah keamanan, daerah perbatasan , daerah rawan konflik dan pulau terpencil sesuai dengan kondisi geografis dan strategi pertahanan. Ancaman yang mendesak terhadap keamanan dan pertahanan negara tidak hanya terbatas pada ruang dan waktu, namu juga pada lingkungan strategis dalam tataran global, regional, maupun nasional. Hal tersebut membuat berbagai negara mengadopsi berbagai teknologi terbaru bagi kepentingan militer yang ditujukan untuk mempertahankan diri dari ancaman milliter maupun non militer. Penyiapan anggaran pertahanan dalam optimalisasi kemampuan personel dan materiil menjadi sangat penting dilaksanakan. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengaruh anggaran pertahanan dan minimum essential force terhadap postur Tentara Nasional Indonesia secara parsial maupun simultan. Metode penelitian ini menggunakan survey dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif yang mana bertujuan untuk mencari pengaruh atau hubungan antar variabel. Sampel yang digunakan adalah 76 responden. Pengolahan data menggunakan analisis SPSS 21.0 untuk proses uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji regresi linear berganda. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini meliputi, (1) anggaran pertahanan dan minimum essential force secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap postur Tentara Nasional Indonesia, (2) anggaran berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap postur Tentara Nasional Indonesia, (3) minimum essential force berpengaruh positif dan signifikan terhadap postur Tentara Nasional Indonesia.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Paraktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
[2] Buku Putih Pertahanan Indonesia, (2015).
[3] Kina Media Ekuitas Produk Indonesia. “Disahkannya UU Industri Pertahanan Tonggak Bangkitnya Industri Pertahanan Lokal”. Edisi 2 Tahun 2012.
[4] Komara, Raden Tjahya. (2019). “Sumber Daya Manusia Komponen Utama Menghadapi Era Perkembangan dan Dinamika Kondisi Kekinian”. Jakarta: WIRA Media Informasi Kementerian Pertahanan.
[5] Lind, William S. (2004). “Understanding Fourth Generation War”. Military Review, hh 12-13.
[6] Mengko, Diandra Megaputri. (2015). “Problematika Tugas Perbantuan TNI”. Jurnal Keamanan Nasional. Vol.I No.2, hh 175.
[7] Peraturan Menteri Pertahanan Nomor 12 Tahun 2010
[8] Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2012 Tentang Kebijakan Penyelarasan Minimum Essential Force Komponen Utama.
[9] Rahmat, Angga Nurdin. (2014). “Tantangan dan Peluang Perkembangan Teknologi Pertahanan Global Bagi Pembangunan Kakuatan Pertahanan Indonesia”. Vol.I, No.2, hh 202.
[10] Sahabuddin, Zainal Abidin. (2020). Buku Ajar Pengadaan Alat Pertahanan dan Logistik. Jakarta: CV Makmur Cahaya Ilmu.
[11] Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
[12] Sujarweni, V. W. (2015). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
[13] Sujianto, Agus Eko. (2009). Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
[14] Supandi. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Pertahanan. Bogor: UNHAN.
[15] Supandi. 2019. Ekonomi Pertahanan (Defense Economics) 13 Wawasan Studi Ilmu Ekonomi Pertahanan. Jakarta: Makmur Cahaya Ilmu.
[16] Thoha, Miftah. (2002). Pembinaan Organisasi: Proses Diagnosa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[17] Undang-Undang Republik Indonesia No. 34 Tahun 2004 Tentang Tentara Nasional Indonesia.
[18] Yusgiantoro, P. (2015). Ekonomi Pertahanan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Published
2022-02-28
How to Cite
Rifai, M., Tutu, A., Mulyani, M., Sunra, A., & Suwarno, P. (2022). PENGARUH ANGGARAN PERTAHANAN DAN MINIMUM ESSENTIAL FORCE TERHADAP POSTUR TENTARA NASIONAL INDONESIA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3311-3324. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1179
Section
Articles