PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY SISWA KELAS V SD

  • Silvia Meirisa STKIP Sungai Penuh, Jambi, Indonesia
Keywords: Menulis, Two Stay Two Stray.

Abstract

Abstrak

Masalah utama yang dihadapi siswa kelas V SDN 027/III Lolo Kecil Kecamatan Bukit Kerman Kabupaten Kerinci Provinsi jambi, kurangnya keterampilan siswa dalam mengungkapkan pikiran dalam menulis puisi. Mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi dengan model pembelajaran two stay two stray. penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan menulis puisiĀ  siswa dan hasil observasi tentang aktivitas guru selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata nilai akhir siklus I adalah 63,75 dengan persentase ketuntasan belajar 45% dan rata-rata nilai siklus II adalah 80,25 dengan persentase ketuntasan belajar 80%. Bisa dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran two stay two stray sudah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD.

References

[1] Syofiani. 2009. Pengajaran Keterampilan Bersastra. Padang: Bung Hatta University Press.
[2] Pradopo, Rachmat Djoko. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta : Gadja Mada University Press.
[3] Mirantin, A. (2018). Analisis makna heuristik dan hermeunitik teks puisi dalam buku syair-syair cinta karya khalil gibran. Caraka : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah (Vol. 7). https://doi.org/10.31980/CARAKA.V7I1.17
[4] Daeng Murjamal, dkk. (2011). Terampil Berbahasa. Bandung: Penerbit Alfabeta. Darmadi, K. (1996).
[5] Supriatna, dkk. 2011. Pengembangan Keterampilan Menulis. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan.
[6] Widodo,joko (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penerapan Strategi Identifikasi Berbasis Kecerdasan Majemuk Pada Siswa Kelas X-A SMA Negri 1 Gemolong. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra.
[7] Barkah, dkk. (2016). Analisis Struktural-Semiotika Pada Makna Puisi Karya Siswa Sd Negeri 1 Mekarharja Banjar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
[8] Hanafiah dan Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama
[9] Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: PustakaBelajar
[10] Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
[11] Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
[12] Suharsimi Arikunto, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jarakarta: Bumi ksara.
Published
2022-01-15
How to Cite
Meirisa, S. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY SISWA KELAS V SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2807-2812. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1175
Section
Articles