EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID SIFIFI PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN

  • Siti Ayu Kumala Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Indraprasta PGRI , Jakarta Selatan
  • Nurfidah Dwitiyanti P Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Indraprasta PGRI , Jakarta Selatan
  • Fita Widiyatun Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Indraprasta PGRI , Jakarta Selatan
Keywords: Konversi satuan, Aplikasi android “sififi”, Pembelajaran Fisika

Abstract

Konversi satuan merupakan suatu  hal yang biasa ditemui saat mengerjakan soal Fisika. Karena banyaknya satuan yang terdapat di materi fisika, baik untuk materi sekolah maupun tingkat perkuliahan, serta tidak semua orang dapat mengerjakannya, maka perlu dibuat suatu aplikasi di dalam sistem android yang dapat membantu dalam pengkonversian satuan dan mudah diakses. Oleh karena itu, peneliti telah mengembangkan aplikasi “sififi” yang dapat diakses oleh semua perangkat android. Tujuan penelitian ini adalah sebagai penelitian terapan untuk menganalisis efektifitas hasil belajar ketika menggunakan aplikasi berbasis android “sififi” dibandingkan jika hanya pembelajaran konvensional (metode ceramah). Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif ekperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan One Groups Pretest-Posttest Design. Data dianalisis menggunakan SPSS. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah adanya perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum menggunakan aplikasi adalah 71,8 sedangkan setelah menggunakan aplikasi menjadi 85,2 dengan standar error 1,87 dan signifikansi 0,007%. Dengan begitu terlihat bahwa ada perbedaan pembelajaran fisika materi besaran dan satuan dengan dan tanpa penggunaan aplikasi berbasis android sififi sehingga penelitian berikutnya dapat dilanjutkan untuk pengembangan aplikasi sififi agar sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

References

[1]Astuti, D. P. et al, 2019, ‘Developing Adobe Flash-based mathematics learning media for 7th-grade students of junior high school’, Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). doi: 10.1088/1742-6596/1188/1/012098.
[2]Zaus, M. A., Wulansari, R. E., Islami, S., & Pernanda, D, 2018, Perancangan Media Pembelajaran Listrik Statis dan Dinamis Berbasis Android. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 1-7.
[3]Wahyudi, Ade, 2015, Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. http://katadata.co.id/opini/2015/09/29/indonesia-raksasa-teknologi-digitalasia#sthash.hmXDpXjY.dpbs. Diakses tanggal 20 September 2020.
[4]Anggraeni, R.,D., & Kustijono.R, 2013, Pengembangan Media Animasi Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA) Vol 3 No 1, Juni 2013, ISSN: 2087-9946
[5]Zahid, M. Z, 2018, Aplikasi Berbasis Android untuk Pembelajaran : Potensi dan Metode Pengembangan, PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, pp. 910–918.
[6] Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L, 2017, Pengembangan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62.
[7]Fatimah, S, 2014, Pengembangan Media Pembelajaran IPA-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa, Jurnal Kaunia Vol. X No. 1, April 2014/1435: 59-64, ISSN 1829-5266.
[8]Attewel, Jill, 2009, The Impact Of mobile learnin, LSN
[9]Mulyani, S., & Wiwik, E, 2018, Dampak Pemanfaatan Aplikasi Android dalam Pembelajaran Bangun Ruang, Kwangsan, 6(2).
[10]Kharisma, E. P., Sutrisno. S, 2017, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata kuliah Pembelajaran Terpadu, Jurnal PINUS. 3(1)
[11]Sugiyono, 2010, Statistik Untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung
[12]Annovasho, J, 2015, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Peminatan MIPA pada Pelajaran Fisika Materi Fluida Statik di SMA Negeri 1 Baureno Bojonegoro, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3(3).
[13]Meltzer, D. E, 2002, The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American journal of physics, 70(12), 1259-1268.
[14]Santoso, S, 2018, Mahir Statistik Multivariat dengan SPSS, Elex Media Komputindo, Bandung
[15]Hartati, S., Dewi, N. A. K., Puastuti, D., Muslihudin, M., & Budi, N. S, 2017, Sistem Aplikasi Educhat Stmik Pringsewu Berbasis Android Sebagai Media Komunikasi dan Informasi, Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 3(1), 143-152.
Published
2022-01-11
How to Cite
Kumala, S., P, N., & Widiyatun, F. (2022). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID SIFIFI PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2755-2762. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1161
Section
Articles